Virus Si Kumis Bikin Restart

Oleh Nanang Suryana | Jumat, Agustus 19, 2005 | , | 1 Komentar »

Virus lokal kembali unjuk kepiawaian. Kali ini W32/Kumis.A mencoba menarik perhatian dengan mengganggu komputer. Komputer yang diinfeksi jadi restart terus-menerus.

Alfons Tanujaya, spesialis antivirus dari PT Vaksincom menyebutkan, virus ini punya daya serang yang lumayan hebat. Virus ini seperti Blaster/Sasser yang menyebabkan komputer terinfeksi jadi restart terus-menerus.

Si Kumis lebih merepotkan karena tidak mengeluarkan pesan sebelum me-restart komputer. Kumis juga tidak seperti Blaster yang memanfaatkan celah keamanan untuk menyusup ke sistim.

"Si Kumis juga menggunakan rekayasa sosial. Dia menampilkan dirinya seakan-akan berbentuk folder atau direktori sehingga pengguna komputer tidak akan terlalu waspada," papar Alfons. "Folder biasanya tidak dicurigai karena kalau diklik hanya akan masuk ke dalamnya untuk melihat isinya, dan tidak akan menjalankan file," Alfons menjelaskan.

Virus ini masuk dengan menyertakan sebuah file .exe dengan icon menyerupai folder dengan nama bervariasi. Alfons mengaku pihaknya menerima file berupa Data-Temen-sigap-grafis-130.exe dengan ukuran file sebesar 76kb.

Seperti kebanyakan virus lokal, virus ini menggunakan media Disket/USB dan file sharing untuk menyebarkan dirinya. Media penyebaran tersebut sudah terbukti ampuh dan sangat efektif untuk menyebarkan virus lokal di Indonesia, virus ini akan mengkopikan dirinya ke dalam Disket/USB dengan nama file:

Foto-%user name logon%.exe, dimana %user name logon% adalah file yang dibuat
sesuai dengan user name yang digunakan pada waktu log on ke Windows (contoh : Foto-Administrator.exe)

"Jika Anda menginstall antivirus Norman Virus Control dengan up-date 'minimal' tanggal 14 Juli 2005, maka virus tersebut sudah dapat dikenali dan dihapus," tandas Alfons.

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. unik360 // 3:54 PM  

    ini pasti ulahnya mahasiswa iseng nih... hehehe, pengalaman dulu pernah bikin virus cuma modal notepad...

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.