Install Windows XP Pro di Hardisk SATA Laptop

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Agustus 21, 2008 | | 2 Komentar »

Mungkin ada beberapa rekan-rekan yang pernah mengalami kesulitan dalam penginstalan Windows XP Pro pada laptop baru, karena kebanyakan laptop baru menggunakan hardisk SATA dan Windows XP Pro belum bisa mendeteksi langsung hardisk tersebut.

Berikut tip cara penginstalan WINDOWS XP PRO di hardisk SATA LAPTOP COMPAQ 6510b dari berbagai sumber:

A. Metode Pertama

Inti permasalahannya adalah: Konfigurasi Device di BIOS -> SATA Native Mode belum di Disable.

1.DISABLEKAN HD SATA : Hidupkan Laptop > tekan F10 utk masuk ke BIOS > muncul Computer setup > pilih System Configuration > Device Configuration tekan Enter >pilih SATA Native Mode > ganti Disable > tekan F10 untuk Accept >ESC (Save changes and Exit) > Enter


2. PILIH BOOTING DEVICE :Masukkan CD Win XP Pro tekan Ctrl-Alt-Del > kemudian tekan F9 untuk pilih booting dari CD > Boot Device Menu > Select Boot Device > pilih Optical Disk Drive> Enter > Tekan sembarang tombol untuk Booting

3. PARTISI HARDISK: Saat ditekan sembarang tombol Partisi Setup WindowsXP dimulai > tunggu beberapa saat kemudian tekan F8. Disini tertera ukuran Hardisk dalam Megabyte, Di Laptop Compaq 80 GB tertera 76317MB, di drive C: ada partisi (FAT32) sebesar 5514MB (isi DOS) , > ( untuk menghapus partisi ini.tekan D > Enter )

4. Lanjutkan proses partisi dan penginstalan seperti biasanya.

Cara di atas memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mengoptimalkan kinerja hardisk.

B. Metode Kedua (Recomended)

Dengan men-disable SATA (AHCI Mode) menjadikan kapabilitas SATA (NCQ) tidak bisa diberdayakan, sehingga dari sisi peformance tidak mendapatkan peningkatan. Kalau hendak memanfaatkan NCQ, maka ada baiknya cari driver SATA dari vendor notebook/PC anda (yang branded), atau dari vendor chipset notebook/PC anda (non-branded). Biasanya untuk ini anda memerlukan sebuah disket (berikut drivenya). Jadi, driver semua dikopikan ke disktet. Yg kemudian ketika proses instalasi XP, tekan tombol F6, ketika diminta memasukkan disket, tinggal dimasukkan lalu pilih driver yang sesuai jika ada beberapa pilihan. Selanjutnya tinggal melanjutkan proses instalasi seperti biasa.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

2 Komentar

  1. Anonim // 2:38 AM  

    terima kasih informasinya, sangat membantu saya untuk pertama kali install windows xp di laptop HP sata.

  2. blawong // 4:57 AM  

    untuk opsi kedua, jelas di butuhkan external floppy disk ya? kalo tanpa itu bisa tidak, ada yang pernah mengatakan dengan memasukan driver sata ke master win xp nya (re-master)
    MUNGKIN bisa bantu cara me re-master ini?
    thanks

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.