Ribuan Film Muat Dalam Satu DVD

Oleh Nanang Suryana | Senin, Mei 25, 2009 | | 1 Komentar »

Sebuah teknologi DVD memungkinkan untuk menyimpan data dalam lima dimensi, sehingga mampu menampung lebih dari 2.000 film dalam satu disk tunggal.

Hal ini merupakan terobosan para peneliti dari the Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia yang mengembangkan teknologi nano untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan DVD.

Jika pada umumnya, disk biasa memiliki tiga dimensi ruang, namun dengan nanorod emas, para peneliti ini mampu menambah dua dimensi, satu berbasis spektrum warna, satunya lagi berbasis polarisasi.


"Kami sanggup menunjukkan bagaimana struktur materi nano dapat dimasukkan ke dalam sebuah disk untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan, tanpa memperbesar ukuran fisik disk tersebut," klaim Min Gu, ketua tim penelitian, dikutip dari AFP, Senin (25/5/2009).

Proyek ini telah dilirik oleh raksasa elektronik Korea, Samsung. Paling cepat dalam kurun waktu lima tahun produk ini akan dikomersialkan. Sebelumnya, raksasa teknologi Amerika Serikat,General Electric telah mengembangkan disk holographic yang memiliki kapasitas penyimpanan 100 kali DVD standar.

Sementara itu disk dual layer Blu-ray yang disebut-sebut sebagai format media penyimpanan cakram digital masa depan memiliki kapasitas penyimpanan rata-rata 10 kali DVD biasa.

Sumber: DetikInet

Kita tunggu saja kapan terealisasi dan dipasarkan, ini merupakan terobosan yang sangat bagus sekali.

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. maskuncoro.net // 5:54 PM  

    Kemajuan ilmu dan teknologi manusia sekarang dan yang akan datang, kadang tidak bisa diprediksi. kadang diluar nalar manusia malah...

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.