Plurk: Mikroblogging Pesaing Twitter

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Oktober 15, 2008 | | 1 Komentar »

Satu lagi situs gratis jejaring sosial dan mikroblog hadir di dunia maya. Plurk, yang dibangun oleh perusahan Plurk. Inc. Dimotori oleh 8 orang, yang menyebut diri mereka The A team. Situs ini termasuk muda, karena baru diluncurkan pada Bulan Mei lalu.

Plurk ini sendiri merupakan layanan yang mirip dengan Twitter, Jaiku, Powence, atau Kronologger (yang terakhir ini merupakan situs mikroblog asli buatan anak bangsa).

Jadi, Plurkers (sebutan untuk pengguna Plurk), dapat mengirimkan semacam pesan singkat dengan jumlah karakter maksimum sebesar140 karakter. Kelebihan dari Plurk ini adalah, anda ataupun plurkers yang lain dapat membaca sekaligus memberi komentar yang telah disediakan di Time Line atau Lini waktu.


Selain dalam bentuk text tulisan, layanan yang sedang booming di kalangan Blogger ini, juga dapat membagi gambar, foto , dan video yang biasa diunduh dari situs lain.

Keasikan dalam permainan Plurk ini, adalah jika para Plurkers rajin memberi dan menerima tanggapan, maka anda akan mendapatkan semacam nilai yang berbentuk point angka yang biasa di sebut karma, yang otomatis bisa naik dan turun sendiri, tergantung sejauh mana anda menulis sebuah peasan dan memberi tanggapan.

Bila, karma ini terus naik maka para Plurkers akan mendapat fitur-fitur tambahan lainnya seperti emoticion, atau logo Plurk. Karena situs ini didukung dengan teknologi Ajax, maka anda akan bisa mendapatkan gambar yang menarik.

Dibandingkan dengan situs mikroblog sejenis, Plurk mempunyai kelebihan, yaitu tampilan garis waktunya yang unik dan penanda pesan (qualifier)-nya yang berwarna-warni. Situs ini termasuk Opensource sehingga anda dapat meng'otak-atik' jejaring ini. Saat ini Plurk sudah tersedia dalam tampilan Bahasa Indonesia.

Dan jika anda bosan dengan theme yang itu-itu saja, Plurk memberikan anda kebebasan bermain di CSS untuk mengganti latar belakang gambar sesuka hati anda.

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Mammamia // 7:42 PM  

    Mas, apakah Kronologger sama dengan Koprol yang baru diluncurkan? Maklum... tau Plurk dan Twitter juga baru2 aja.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.