Kembangkan OpenSuSe, Novell Libatkan Orang Luar

Oleh Nanang Suryana | Senin, Agustus 08, 2005 | | 0 Komentar »

Novell akan mengembangkan OpenSuse. Pengembangannya akan diserahkan ke programmer luar perusahaan. Strategi ini sama seperti yang dilakukan pesaingnya, Red Hat.

Novell dan Red Hat masing-masing mempunyai dua versi Linux. Versi pertama adalah yang perubahannya tidak banyak, berbandrol harga yang tinggi dan memang ditujukan untuk konsumen yang loyal. Sementara versi kedua adalah yang mudah berubah, yang ditujukan untuk para penggemar dan pengembang Linux. Untuk Red Hat, produknya adalah Red Hat Enterprise Linux dan Fedora, sedangkan Novell adalah Suse Linux Enterprise Server dan Suse Linux Professional.

Greg Mancusi-Ungaro direktur pemasaran Linux dan opensource Novell mengklaim bahwa proyek OpenSuse ini akan menarik perhatian para pengembang, para pengguna baru dan pasar saham.Mancusi-Ungaro mengatakan, Novell saat ini sedang mendalami produk terbarunya yang bernama SuSe Linux dan berencana akan mengundang para pengembang dari luar untuk mengembangkannya.

"Dulunya kami membuat Suse Linux bukan untuk penggunaan yang luas, tetapi hanya sebagai tahap percobaan dan paket download dari FTP," kata Mancusi-Ungaro. "Bukan hal yang mudah untuk merangkul komunitas pengguna dalam jumlah besar," katanya.Selain mengundang para pengembang luar, perusahaan juga berupaya mendistribusikan salinan software, yang disebut lizard blizzard ini.Novell bukan satu-satunya yang mencoba melakukan pendekatan terbuka terhadap komunitas. Sun Microsystems juga telah mencoba membuka source code Solaris yang bertujuan untuk mendapatkan kembali relevansi dari versi Linux yang telah hilang dari Unix.

Menarik perhatian pengguna merupakan kunci bagi usaha Novell. Analis Wall Street melihat upaya Novell Linux sebagai faktor kunci untuk memecahkan masalah keuangan perusahaan, yang menurun dari sistim operasi lama NetWare.Menciptakan kolaborasi dengan komunitas programmer open-source luar merupakan tugas yang sulit.

Red Hat telah mencoba lebih dari dua tahun untuk membuat Fedora. Tujuan dari Fedora Foundation sebenarnya adalah mencoba memberi proyek kepada para pengembang independen.Tahap awal rencana Novell ini akan dimulai minggu depan, ujar Mancusi-Ungaro. Selanjutnya,Novell akan mendapat perbaikan bug dan masukan dari pemerhati dan para pengembang aktif.

Tahun 2006, Novell akan membuat produk dari source code yang tersedia, dan menyediakan server yang dapat diakses oleh publik untuk mengembangkan software.Nantinya, Novell akan mendistribusikan CD SuSe Linux, dan bila perlu mengirimkannya kepada siapa saja yang meminta.

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.