Akhir2 ini sering kali baik flashdisk, ataupun memori handphone Anda yang pokoknya kalo sudah dipindah2 dari satu komputer ke komputer lain sudah pasti kena virus.. entah itu virus trojan, worm, parity, folder.htt, autorun, dll.

Kadang2 setelah virus dibersihkan belum tentu file atau folder yang ada didalamnya bisa muncul alias tetap disembunyikan (hidden). Yang hebatnya lagi bukan sekedar hidden saja, karena tidak bisa langsung dimunculkan dengan click kanan pilih properties gitu soalnya sudah didisable. Sebenarnya file tersebut selain di hidden juga diberi attribut system jadi tidak bisa sembarang ganti dari windows langsung.


Ini ada trik supaya bisa memunculkan kembali file yang sudah dihidden, cukup dengan membuka Command Prompt dari Start - All Program - Accessories - Command Prompt atau dari Start - Run, ketikkan ‘cmd’ lalu Enter. Setelah masuk ke command prompt pindah ke drive dimana flashdisk atau memori card Anda berada dengan cara mengetikkan : (nama drive disertai tanda titik dua, mis seperti pada contoh gambar berikut nama drive ada di H jadi ketikkan ‘H:’).

Setelah itu baru ketikkan perintah berikut : attrib -s -h *.* /s /d (lalu enter). Nunggu sebentar sampai muncul kembali ke tanda prompt drive Anda.

hidden-files.jpg

Selesai sudah … file Anda akan kembali seperti semula.

Satu lagi yang perlu diperhatikan.. jika pada bagian root drive ada file seperti autoran.inf, folder.htt atau thumb.db harap dihapus saja… Karena file tersebut kemungkinan adalah file virus juga.

Selamat mencoba!!!!!

Artikel Terkait:

5 Komentar

  1. Anonim // 11:32 PM  

    duh udah dicoba kog gak bisa juga si mas?????? puyeng kepala ku...

  2. Enry Mazni // 8:58 PM  

    maaf mas aku lupa menampilkan sumber nya....sekarang udah aku buat source nya...sekai lagi maaf bukan bermaksud mau copas tapi waktu itu gw memang ngalami file di flashdisk w ilang semuanya...tx artikel nya

  3. Nanang // 9:33 AM  

    @Enry Mazni
    Yup gpp....

  4. aies // 5:08 PM  

    _ mantabz gan,,

  5. Anonim // 1:49 PM  

    preeetttt

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.