Format PDF Jadi Standar Internasional

Oleh Nanang Suryana | Sabtu, Juli 05, 2008 | | 0 Komentar »

Lembaga International Organization for Standardization (ISO) mengumumkan bahwa produk Portable Document Format (PDF) dari Adobe resmi jadi standar internasional.

PDF adalah format dokumen digital yang terus menanjak popularitasnya. Menurut Adobe, saat ini terdapat 2000 pengembang PDF dan miliaran file PDF dipakai di seluruh dunia.

Dengan menjadi standar internasional ini, Adobe menyerahkan kontrol PDF pada ISO dalam ISO International Standard 32000-1. ISO bakal bertanggungjawab mempublikasikan spesifikasi versi terkini PDF yakni 1.7 dan juga pengembangan versi selanjutnya.

"Dengan memberikan spesifikasi penuh PDF pada ISO, kami memperkuat komitmen pada keterbukaan," tutur Kevin Lynch, Chief Technology Officer Adobe dari Vnunet.


Adobe berharap dengan didapatnya standar ISO ini, format PDF akan semakin banyak dipakai oleh berbagai kalangan, utamanya pemerintah dan perusahaan besar.

Sekretaris Jenderal ISO Alan Bryden menambahkan bahwa dengan standar ISO ini, format PDF bisa tersedia secara mudah bagi stakeholders dan pengembang yang berminat.

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.