Indonesia Raih Emas di Olimpiade Informatika

Oleh Nanang Suryana | Sabtu, Agustus 23, 2008 | | 2 Komentar »

Siswa Indonesia kembali mencetak prestasi di ajang internasional. Kali ini dalam Olimpiade Informatika Internasional di Mubarok City, Mesir.

Kabar itu disampaikan Julio Adisantoso, pendamping Delegasi Indonesia dalam International Olympiad in Informatics (IOI) 2008.

Tim Indonesia disebut menerima satu medali emas dan tiga medali perunggu dalam ajang tersebut.

Julio mengatakan, Tim Indonesia sempat murung saat pada hari kedua tiga anggota tim mendapatkan nilai rendah. Meskipun satu anggota lagi mendapatkan nilai tinggi. Kemurungan melanda pasalnya pada hari pertama keempat siswa SMA itu menurut Julio hanya mendapatkan nilai sedang.


Kompetisi IOI dilakukan pada 14 hingga 23 Agustus 2008 di Mubarok City (60 kilometer dari Cairo), Mesir. Tim Indonesia diwakili oleh Irvan Jahja, Listiarso Wastuargo alias Gogo (Yogyakarta), Risan dan Reinardus Surya Pradhitya alias Adit. Selain itu keempatnya didampingi oleh Suryana Setiawan (Delegation Leader), Adi Mulyanto (Deputy Leader), Julio Adisantoso (Pembina) dan Ilham W. Kurnia (Pembina).

"Suasana murung mendadak berubah menjadi gegap gempita saat pengumuman dan pembagian medali pada acara Closing Ceremony pada 22 Agustus 2008 pukul 20:00 waktu setempat," papar Julio.

Pada pengumuman itu, Julio mengisahkan, siswa Indonesia bernama Gogo mendapatkan medali perunggu. Padahal, lanjutnya, Gogo memiliki nilai paling rendah di antara semua delegasi Indonesia. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa semua tim Indonesia dipastikan meraih medali.

Irvan, yang mendapat nilai tinggi pada hari kedua kompetisi, mendapatkan medali emas dalam kompetisi internasional itu. "Alhamdulillah, ini juga merupakan hadiah di bulan kemerdekaan Indonesia," tukas Julio.

Menurut Julio, terakhir kali Indonesia mendapatkan emas adalah dalam IOI 1997 di Afrika. Sejauh ini Indonesia, menurut situs Toki.or.id, telah mendapatkan 2 emas, 9 perak dan 15 perunggu dalam partisipasinya di ajang IOI sejak 1995.

Sumber: DetikInet
Ucapan:
Terima kasih pada rekan-rekan yang telah memberikan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia, saya hanya bisa menyambungkan informasi tentang kesuksesan rekan-rekan semuanya sebagai ungkapan rasa bangga kepada kalian.

Artikel Terkait:

2 Komentar

  1. Agung // 4:13 AM  

    ini baru membanggakan

  2. Blogger Addicter // 5:11 PM  

    selamat atas kesuksesan yang diraih..semangat indonesia!!!

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.