Membuat Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

Oleh Nanang Suryana | Selasa, November 04, 2008 | | 6 Komentar »

Salah satu Keunggulan Laptop dibandingkan dengan computer PC adalah mudahnya Laptop untuk dibawa kemanapun juga. Tapi keunggulan itu akan sia-sia jika baterai laptop sering 'drop'. Tak jarang pengguna laptop banyak kesal karena lemahnya baterai, dan terpaksa harus membawa baterai cadangan untuk menunjang kinerja laptopnya.



Memang idealnya Baterai laptop dapat digunakan setidaknya selama dua jam, namun ada beberapa tips yang dapat membantu anda agar kinerja baterai semakin meningkat, sehingga baterai laptop menjadi lebih tahan lama.


Tip Pertama
Sebaiknya perhatikan tampilan di monitor laptop anda, semakin terang tampilan maka energi yang dibutuhkan akan semakin besar. Untuk mengurangi konsumsi baterai sebaiknya kurangi tingkat brightness pada tampilan.

Tip Kedua
Menghentikan sinyal Wireless, Bluetooth, dan USB jika tidak digunakan. Koneksi jaringan Wi-Fi yang terus menerus dapat menguras energi baterai.



Tip Ketiga
Mensetting power management pada laptop anda. Jika anda menggunakan system operasi windows XP, anda dapat mengutak-atik agar dapat menghasilkan "low power mode" pada Power option di Control Panel. Pilih control panel kemudian pilih power option pada kategori performance and maintanenance. Kemudian akan tampil pilihan sebagai berikut



Tip Keempat
Hal lain yang harus diperhatikan ialah cara anda mengisi baterai laptop. Usahakan laptop dalam keadaan mati saat anda mengisi baterai. Dan jika baterai telah terisi penuh, maka secepatnya anda wajib mencopot baterai adapter agar baterai tidak mengalami kelebihan beban.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

6 Komentar

  1. Anonim // 9:05 PM  

    Tipsnya mantab mas :) thanks ya

    Oh iya, kalo saya dalam posisi bekerja statis alias ga beranjak dari meja dalam waktu yang lama, biasanya baterai laptop saya lepas dan colokan dipasang terus. Bisa bikin baterai tahan lama ga ya :)

  2. Anonim // 9:39 AM  

    wah, nice tips neh bro...

    salam kenal juga ya...

    oke tuh kalo link exchange.. langsung ditancepin aja ya bendera persahabatannya...

  3. Anang // 10:13 AM  

    makasih mas anang *doh kikuk manggil nama sendiri* tipsnya bermanfaat

  4. Cebong Ipiet // 11:16 AM  

    saya cuman tahan 4 jam batrenya

  5. Nanang Suryana // 12:43 AM  

    @to:cebong ipiet

    4 jam lumayan lama.

  6. Alim Mahdi // 5:18 AM  

    Ada yang bilang, bekerja dengan laptop yang batery di carge bersamaan terus menerus bikin cepat drop. bener gak ya? soalnya batery laptop saya sudah tidak bisa dipakai jika gak di pasang langsung dicarge., thanks...

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.