Mendengarkan Musik Bagus Untuk Kesehatan

Oleh Nanang Suryana | Jumat, November 14, 2008 | , , | 5 Komentar »

Musik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, karena dengan mendengarkan musik seseorang akan terhibur dari masalah serta kepenatan. Fungsi musik ternyata tidak hanya sebagai penghibur saja, sebuah penelitian menerangkan bahwa mendengarkan musik juga mampu membuat jantung sehat.

Seseorang yang mendengarkan lagu favoritnya ternyata mampu membuat peredaran darah dapat mengalir lancar diseluruh tubuh, sehingga bagus untuk kesehatan. Karena jika pembuluh darah berjalan lambat atau bahkan terhambat, bisa berakibat fatal, seperti serangan pada jantung dan stroke.

"Lagu favorit yang didengarkan, ternyata mempunyai efek yang impresif," ucap Dr Michael Miller Direktur Pencegahan Kardiologi di Medical Center University of Maryland, seperti yang dikutip dari CNN.


"Pembuluh darah yang mengalir lancar dalam tubuh karena lagu, cocok untuk kegiatan seperti latihan dalam olahraga," tambah Dr Michael Miller lagi.

Penelitian yang dipimpin Miller sendiri mengambil 10 sampel orang, yang terdiri dari pria dan wanita yang tidak merokok. Mereka, dijejali dengan beberapa lagu favoritnya.

Hasilnya, dari 10 orang yang mendengarkan lagu yang berirama riang diketahui pembuluh darah yang mengalir meningkat menjadi 26 persen. Sedangkan ketika mereka diberi lagu yang keras dengan dipenuhi dengan kebencian, pembuluh darah bergerak 6 persen dari biasanya.

Menurut Miller, mendengarkan musik sebelum pertandingan bagi olahragawan sangatlah cocok untuk menghilangkan grogi sebelum melakukan pertandingan. Karena aliran darah yang mengalir karena lagu dapat membantu seseorang untuk tenang. Akan tetapi dia menegaskan, jenis lagu tidak terlalu penting tergantung dari individunya sendiri.

Artikel Terkait:

5 Komentar

  1. naruto onepiece // 2:00 PM  

    Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://kesehatan.infogue.com/mendengarkan_musik_bagus_untuk_kesehatan

  2. Seno // 5:19 PM  

    bener tuh. tak ada musik berarti tak sehat. logikanya aja begini, musik itu kan suara apa saja yang kita dengar. kalo tak ada musik berarti kita tak mendengar apa-apa alias tu*i( maaf disensor). Tu*i berarti g sehat. he..he.. salam

  3. Agung // 8:32 PM  

    apa lagi yang di denger music untuk relaxasi, dijamin, tidur jadi lebih berkualitas

  4. Nanang // 9:24 AM  

    bener tuh mas... musik itu mencegah terjadinya stress yang memicu kualitas kesehatan. kata dokter sih...:-)

    salam kenal ya... thanks udah komen juga di blog saya

    Nanang.

  5. obat jerawat // 6:13 AM  

    hidup tanpa musik itu seperti sup tanpa garam

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.