Gmail: Kelebihan Penggunaan Fitur Label vs Folder

Oleh Nanang Suryana | Senin, Februari 09, 2009 | , , , | 2 Komentar »

Salah satu fitur yang membedakan Gmail adalah penggunaan label, bukan folder. Karena label dapat melayani tujuan yang sama - label dapat membantu mengatur email atau untuk menandai pesan. Berbeda dengan folder, pesan dapat memiliki beberapa label, jadi jika Kita mendapatkan sebuah email dari seorang teman tentang perjalanan bersama, Kita dapat memberikan dua label yang berbeda sekaligus ke pesan tersebut misal "Teman" dan "Tujuan".

Masih banyak pengguna yang belum mengerti pemanfaatan label, terutama bagi mereka yang baru mengunakan Gmail dan biasa menggunakan folder. Contoh cara untuk memindahkan email dari kotak masuk ke label:

Pertama Anda harus membuat label menggunakan menu "Tindakan/More actions" dan kemudian klik "Filter" ikuti langkah-langkahnya.

Berikut beberapa gambar yang dapat membantu langkah-langkah filter:



Pada gambar di atas Anda dapat manambahkan apa saja yang akan dimasukkan untuk memfilter email.


Lakukan "Apply" ke sebuah label atau buat label baru jika belum ada. Di bawah kotak tersebut akan nampak beberapa email hasil dari kreteria yang diisikan, jika ingin semuanya langsung ditandai dengan label tersebut silahkan cek "Also apply to xx Conversations below".

Kedua Anda dapat menggunakan tombol "Move to" untuk memindahkan ke label dan arsip dengan satu langkah - seperti yang Anda lakukan dengan folder. Jika Anda hanya ingin menambahkan atau menghapus label, gunakan tombol "Label". Bagi anda yang memiliki banyak label, Anda dapat memilih satu yang Anda inginkan hanya dengan mengetikkan beberapa karakter pertama.


Gmail juga menambahkan penggunaan keyboard: v untuk "Move to" dan l untuk "Label". Pastikan Anda sudah mengaktifkan tombol pintas (Keyboard shortcuts on) untuk menggunakannya.


Untuk Keyboard shortcuts akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Artikel Terkait:

2 Komentar

  1. Lyrics Collections // 10:45 AM  

    Blog walking and smile for you ^o^

  2. Selimut // 10:54 AM  

    sdh sekian lama jadi pengguna gmail tapi baru skrng tau manfaat dan cara penggunaan label.he3x

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.