Tips Memilih Layanan dan Membuat Blog

Oleh Nanang Suryana | Rabu, September 30, 2009 | , | 1 Komentar »

Bagi rekan-rekan yang belum punya blog dan ingin membuat blog seperti rekan lainnya yang sudah lama punya blog pasti menemui beberapa kendala dan pertanyaan, misalnya:

  • Ingin buat blog tentang apa?
  • Layanan apa yang banyak dipakai oleh orang untuk membuat blog yang geratis?
  • Bagaimana cara membuat blog?
  • Bagaimana biar pengunjung blog rame?

Dari beberapa pertanyaan di atas berikut beberapa tips untuk mendapatkan solusinya:
1. Ingin membuat blog tentang apa?
Untuk awalan atau untuk sekedar belajar buatlah blog pribadi, anggap saja sebuah diary pribadi (sekedar saran: yang rahasia jangan dipublikasi), isi blog misalnya tentang kegiatan sehari-hari atau cerita masa kecil, cerita pengalaman lucu, koleksi artikel dan sebagainya.

2. Layanan apasih yang sering dipakai orang untuk buat blog? dan tentunya geratis?
Banyak penyedia layanan untuk membuat blog geratis, pada kesempatan kali ini saya akan berikan contoh 4 perusahaan yang memberikan layanan tersebut:
  1. www.blogger.com (seperti yang saya pakai ini)
  2. www.wordpress.com (seperti blog saya di wordpress)
  3. www.multiply.com (contoh blogku di multiply)
  4. www.blogdetik.com(layanan blog lokal Indonesia, contoh blogku di blogdetik)

3. Bagaimana cara membuat blog?
Syarat membuat blog biasanya kita musti punya akun email terlebih dahulu untuk register akun blog geratis. Daftar/register dilayanan tersebut, ikuti langkah yang ada pada form registrasi. Kemudian biasanya diikuti konfirmasi pendaftaran lewat email yang kita daftarkan tadi (misal email: Yahoo, Gmail, Hotmail, Plasa, dan sebagainya).

Setelah konfirmasi sukses maka Anda akan ditunjukkan petunjuk membuat suatu blog, ikuti langkahnya setelah selesai Anda akan bisa langsung membuat suatu posting/artikel/curhatan di blog.

4. Bagaimana blog dikenal dan pengunjungnya rame?
Supaya blog dikenal orang maka musti rajin memperkenalkan kepada orang, langkah ini bisa meliputi kasih tahu teman-teman dekat, kemudian bila punya akun Sosial Network seperti Friendster dan Facebook bisa dipromokan di jaringan tersebut biar pada mengunjungi blog yang telah kita buat tadi. Cara lainnya yaitu jika kita mengunjungi suatu blog atau website rajin-rajinlah berkomentar (isi buku tamu), tentunya menyertakan alamat (URL) blog kita.

Kalau punya uang bisa juga mempromosikan melalui iklan. Sekarang ini banyak penyedia iklan yang murah meriah. Saya contohkan bisa beriklan di adsensecamp atau kumpulblogger.

Tips ini mungkin bermanfaat bagi yang belum punya blog atau baru punya blog, bagi yang sudah berpengalaman blogging mohon sharenya jika ada tips-tips atau referensi yang mungkin lebih banyak.


Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. dipospace // 6:36 PM  

    Thanks sugestinya. Tapi punya empat blog apa ga kerepotan?

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.