Akankah HDD tergeserkan oleh SSD?

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Oktober 21, 2009 | , , , | 0 Komentar »

Media penyimpanan solidstate drive (SSD) menawarkan kinerja lebih tinggi daripada harddisk drive (HDD). Selain itu daya tarik lain SSD bukan hanya kinerjanya, melainkan kemampuan SSD dalam menghemat konsumsi listrik, dibandingkan dengan HDD.


Saat ini banyak datacenter yang mulai beralih menggunakan SSD untuk media penyimpanannya karena kinerjanya dan konsumsi listriknya sangat efisien. Akan tetapi masih belum semuanya penyedia layanan datacenter yang beralih menggunakan SSD ini karena terkendala dengan harga perangkat SSD sendiri yang masih tergolong sangat mahal.

Masih mahalnya media penyimpanan SSD ini mirip dengan sejarah mahalnya flashdisk yang sekarang makin lama makin murah harganya, sehingga menggeser penggunaan disket dan bahkan CD. Dengan demikian bisa diprediksi harga SSD nantinya akan turun/makin murah dan hal ini memungkinkan tergesernya penggunaan HDD pada perangkat-perangkat seperti server bahkan komputer-komputer dipasaran, dan perangkat lainnya yang sekarang masih menggunakan HDD.


Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.