Kuil Matahari (Konark - India)

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Oktober 06, 2009 | , | 3 Komentar »

Candi/kuil Matahari di Konark dipilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban india dalam kampanye yang dilakukan oleh NDTV bekerja sama dengan Departemen Pariwisata Incredible India. Sun Temple (Candi Matahari), Konark juga termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Sebuah candi yang dipersembahkan untuk para penyembah Dewa Matahari. Candi megah melambangkan Dewa Matahari. Surya (Sun) telah menjadi dewa populer di India sejak masa Weda. Konark terdiri dari dua kata - Kona, yang berarti 'pojok' dan Arka, berarti 'Sun'. Konark juga dikenal sebagai Arkakshetra dan Konaditya. Aditya berarti matahari.

Di dunia, Konark terkenal dengan Sun Temple, yang terletak di daerah Puri, Orissa. Konark adalah 35 Kms dari Puri dan 65 Kms dari Bhubaneswar, ibu kota Orissa. Konark, Puri dan Bhubaneswar membentuk tiga poin dalam "Segitiga Emas Pariwisata" di negara bagian Orissa.


Konark disebut sebagai "The Black Pagoda" oleh Pelaut Eropa karena membentuk tanda tanah penting untuk pesisir mereka dalam perjalanan.

Candi Matahari di Konark adalah puncak dari arsitektur candi Orissan dan salah satu monumen arsitektur keagamaan di dunia. Hal ini dibangun pada abad ke-13 oleh Raja Narasinga Ganga Deva dan berbentuk kereta besar dari Sun, yang memiliki 24 roda (12 roda di setiap sisi) dan ditarik oleh 7 ekor kuda di depan kuil membawa matahari dewa di langit. Mungkin roda mewakili 12 bulan dan kuda tujuh hari dalam seminggu. Pintu masuk utama ke kuil yang dihiasi dengan dua singa yang masing-masing menghancurkan gajah perang.








Yang unik dari candi ini dan berbeda dengan candi-candi diseluruh dunia adalah relief-reliefnya berisi tentang seksualitas atau hubungan intim yang termasuk dalam pelaksanaan ibadah para penganut yang ada dikuil/candi tersebut. Anda bisa lihat pada gambar-gambar di atas.

Artikel Terkait:

3 Komentar

  1. xamthone plus // 1:00 PM  

    wahh baru tau saya tentang candi yang satu ini...

  2. bunga papan // 3:45 PM  

    terima kasih gan infonya, ternyata banyak hal tentang keunikan dan ke artistikan budaya di india

  3. toko bunga bekasi // 3:48 AM  

    oh ternyata begini toh. akhirnya tau juga tentang info yang ini. tahnks ya brooh

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.