Friendster telah menerima paten kelima dalam hal situs jejaring sosial.

Friendster, mengatakan telah menerima paten untuk jejaring sosial dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS (U.S. Patent and Trademark Office /USPTO). Paten berjudul 'Method for Sharing Relationship Information Stored in a Social Network Database with Third Party Databases' itu memiliki nomor U.S. Patent No. 7,478,078.


Paten terbaru itu disebut meliputi teknologi di mana informasi dari satu jejaring sosial yang dikelola dalam satu database bisa dibagi dengan database pihak lain. Paten ini juga melingkupi bagaimana pengelola database kedua itu bisa menggunakan informasi jejaring sosial untuk memperbaiki layanan yang diberikan pada penggunanya dan menargetkan informasi tertentu pada penggunanya.

Secara khusus, paten itu menjabarkan teknologi ketika sebuah permintaan diajukan pada application server database pertama oleh application server database kedua, untuk informasi jejaring sosial yang relevan bagi sekelompok individu. Permintaan itu bisa mencakup informasi identifikasi dari setiap individu yang kemudian dicocokkan dengan database pertama. Jika ada kecocokan, informasi yang relevan akan dibagi ke database kedua.

Berikut ini merupakan paten kelima yang diterima Friendster terkait jejaring sosial. Empat paten lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Paten mengenai bagaimana hubungan orang dalam sebuah jejaring sosial berjudul "A System, Method and Apparatus for Connecting Users in an Online Computer System Based on Their Relationships within Social Networks" (U.S. Patent No. 7,069,308). Diberikan pada Juli 2006.
  2. Paten tentang proses memperkaya profil pengguna lain dengan konten tambahan termasuk teks, video dan gambar. "Method of Inducing Content Uploads in a Social Network" (U.S. Patent No. 7,117,254). Oktober 2006.
  3. Paten mengenai manajemen koneksi dalam jejaring sosial yang memungkinkan pengguna menambahkan teman serta personalisasi melalui pengaturan, penyusunan dan klasifikasi hubungan termasuk mencari dan merambah profil anggota lain. "System and Method for Managing Connections in an Online Social Network" (U.S. Patent No. 7,188,153). Maret 2007.
  4. Paten mengenai metodologi untuk menghitung kecocokan antara dua anggota jejaring sosial berdasarkan minat dan korelasi dua minat. "Compatibility Scoring of Users in a Social Network" (U.S. Patent No. 7,451,161). Desember 2008.
Friendster menyebut lima paten itu sebagai bukti bahwa situs jejaring sosial yang belakangan popularitasnya mulai kabur itu memang merupakan inovator dan pimpinan dalam jejaring sosial. Namun tidak disebutkan apakah paten itu akan bertabrakan dengan fitur yang ada pada penyedia layanan serupa, seperti Facebook atau MySpace.

Sumber: DetikInet

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.