Teknologi Wi-Fi Direct akan Saingi Bluetooth

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Oktober 20, 2009 | , | 3 Komentar »

Wi-Fi Aliance mengumumkan standar baru untuk jaringan komunikasi nirkabel yang memungkinkan dua buah perangkat elektronik saling terhubung secara langsung peer to peer tanpa melalui akses point atau router. Spesifikasi teknologi ini akan menjadi pesaing langsung Bluetooth.

Wi-Fi Direct merupakan lompatan baru dalam industri. Para pengguna Wi-Fi di dunia akan memperoleh manfaat dari solusi teknologi tunggal untuk saling berkirim konten dan berbagi aplikasi dengan cepat dan mudah di antara berbagai perangkat.


Kecepatan transfernya secepat akses Wi-Fi yakni hingga 250 Mbps. Perangkat yang sudah mendukung Wi-Fi Direct akan bisa memberitahukan statusnya kepada perangkat lain dan mengecek status perangkat lain seperti halnya Bluetooth. Kelebihan lainnya, Wi-Fi Direct bisa saling terhubung lebih dari satu pasang perangkat. Bahkan, selain itu, tidak harus kedua perangkat dilengkapi Wi-Fi Direct untuk melakukan koneksi peer to peer.

Untuk masalah keamanan, Wi-Fi Direct bakal mendukung WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2) dan enkripsi AES. Wi-Fi Alliance berencana akan menyelesaikan proses setifikasi standar teknologi Wi-Fi Direct mulai pertengahan 2010.

Sumber: Tekno Kompas

Artikel Terkait:

3 Komentar

  1. Anonim // 11:17 AM  

    wow.......nice inpoh gan...memang teknologi sekarang telah maju

  2. miftahul jannah // 12:07 AM  

    sayA belom nyambung mksutya gmn....
    maklum....
    hebr

  3. Nanang Suryana // 10:29 AM  

    @miftahul jannah
    Maksudnya sesuai kegunaannya: dipakai transfer data. WiFi bisa melakukan transfer data dengan kapasitas lebih besar dari pada Bluetooth. Selain itu dari segi keamanan juga lebih bagus teknologi WiFi.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.