Tentang Google Wave

Oleh Nanang Suryana | Jumat, Oktober 02, 2009 | , | 0 Komentar »

Google Wave adalah layanan Google yang menggabungkan elemen email, instant messaging dan jejaringan sosial agar memungkinkan kelompok berkolaborasi mengerjakan tugas secara bersamaan.

Wave terlebih dulu akan ditunjukkan pada lebih dari 100 ribu pengembang dan user, yang telah mendaftar untuk mencoba Wave serta memberikan saran pada Google tentang seberapa baik kinerjanya.

Dikembangkan oleh tim teknisi yang dipimpin oleh Lars dan Jens Rasmussen, kakak-adik yang membuat Google Maps, ide di balik Wave adalah untuk bergerak ke arah semacam inbox universal.

Email, video, peta, foto, pesan teks dan bahkan percakapan suara secara keseluruhan dapat menjadi obyek yang bisa dibagikan, dan dimanipulasi secara real time secara berkelompok.


Wave merupakan platform yang menghadirkan serangkaian layanan yang dapat ditambah aplikasi oleh para pengembang.

Google telah bekerja keras untuk melibatkan pengembang software dalam membuat aplikasi agar berjalan di Wave. Hal itu untuk menciptakan layanan yang akan memikat pengguna dan menyediakan sumber pendapatan potensial.

Ekspektasi orang makin besar ketika Google pertama kali mengungkapkan Wave di konferensi pengembang tahunan awal tahun ini. Google menggunakan kata-kata seperti "ajaib" dan "luar biasa" untuk menggambarkan kemampuan Wave.

Pengembang seperti Ribbit yang mengklaim sebagai “perusahaan telepon pertama di Silicon Valley” telah membuat aplikasi untuk Wave dan sudah ditampilkan pada blog resmi Google.

"Jika Anda memiliki email, pesan instan, serta panggilan suara semua bernavigasi di gelombang yang sama,” kata Ted Griggs, CEO Ribbit.

"Email tidak dalam satu wadah tersendiri dan SMS di satu wadah lainnya. Semua hal itu meluncur dari tempat masing-masing dan Wave menyatukannya," tambahnya.


Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.