Kulit Instan dari Sel Induk

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Desember 03, 2009 | , | 3 Komentar »

Ilmuwan Prancis telah menemukan cara baru untuk menciptakan kulit manusia dengan cepat dari sel induk.

Penemuan ini disebut-sebut akan sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa para korban luka bakar yang rentan terkena infeksi.

Tim dari I-Stem Institute yang diketuai Marc Peschanski membuat sebuah terobosan dengan menciptakan tambalan kulit instan yang dikembangkan dari sel induk pada punggung seekor tikus. Sel induk adalah sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi sel apa saja.


Selama ini, kulit pengganti atau cangkok kulit diciptakan dari kultur sel yang diambil dari bagian tubuh tertentu si pasien. Proses tersebut biasanya memakan waktu hingga tiga minggu, waktu yang terlalu lama bagi seorang pasien yang tengah menderita luka bakar parah.

Sementara itu, metode terbaru yang ditemukan Marc dan timnya memungkinkan produksi kulit manusia dalam waktu yang singkat. Pengembangan sel induk memungkinkan rumah sakit memesan kulit manusia sesegera mungkin ketika mereka tengah menangani pasien luka bakar.

Penemuan ini menyediakan cara baru untuk menutupi kulit pasien yang mengalami kerusakan dalam waktu singkat. Para ilmuwan mengklaim dapat memproduksinya di 'pabrik kulit' dan mengirimkannya ke ahli medis tepat saat mereka tengah mengobati pasien.

Konsumen bisa langsung memesan selembar kulit berukuran persegi dengan ukuran sesuai keinginan. Kulit tersebut bisa menjadi cara temporer untuk menutupi luka bakar.

Semoga teknologi-teknologi bermanfaat serupa akan berkembang.

Artikel Terkait:

3 Komentar

  1. BlogMamet.com // 8:28 AM  

    Keren Mas, penemuan baru yang sangat berguna....

  2. muqodas // 3:58 PM  

    Lumayan tuh mas ... kulit instant nya bisa jadi jas ujann *heuuu becanda*

    salam kenal,,

  3. Ayu Tri // 10:09 PM  

    penemuan yang sangat membantu kaum manusia..
    thanks ya infonya..

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.