Sekilas Tentang e-KTP

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Januari 27, 2010 | , , | 34 Komentar »

e-KTP didesain dengan metode autentikasi dan pengamanan data tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan menanamkan chip di dalam kartu yang memiliki kemampuan autentikasi, enkripsi dan tanda tangan digital.

Autentikasi dua arah dilakukan antara kartu elektronik dan perangkat pembacanya agar kartu dan pembaca dapat dipastikan sah. Sementara enkripsi digunakan untuk melindungi data yang tersimpan di dalam kartu elektronik dan tanda tangan digital untuk menjaga integritas data. Di samping itu, e-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.

Dalam Pasal 64 Ayat (3) UU No. 23 Tahun 2006, disebutkan bahwa dalam KTP harus disediakan ruang untuk memuat kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan. Hal ini dijabarkan dalam Perpres No. 26 Tahun 2009 bahwa di dalam rekaman elektronik KTP tersimpan biodata, pas photo, dan sidik jari tangan penduduk.


Tanda tangan terdigitalisasi penduduk juga disimpan di dalam rekaman elektronik berupa chip. Perekaman sidik jari dilakukan terhadap 10 sidik jari tangan yang disimpan pada basis data dan dua buah sidik jari tangan yaitu jari telunjuk kanan dan kiri pada chip kartu.

Penyimpanan dua buah sidik jari telunjuk di dalam chip sesuai dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006. Bentuk KTP elektronik sesuai dengan ISO 7810 dengan form factor ukuran kartu kredit yaitu 53,98 mm x 85,60 mm.

KTP elektronik sebagaimana KTP kertas memiliki masa berlaku 5 tahun. KTP selalu dibawa dan digunakan oleh penduduk dalam kondisi dan cuaca yang beragam serta berbagai aktifitas seperti pertanian, perdagangan, perjalanan dan perkantoran dengan frekuensi penggunaan yang tinggi. Keadaan ini memerlukan ketahanan fisik kartu dan komponennya dalam penggunaan yang sering dan jangka waktu yang lama.

Kartu kredit biasanya dibuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) karena diharapkan dapat digunakan selama tiga tahun. Tetapi masa berlaku KTP selama lima tahun memerlukan bahan yang lebih kuat yaitu polyester terephthalate (PET) yang memiliki ketahanan hingga sepuluh tahun.

Chip dapat dipasang pada kartu dengan interface kontak atau nirkontak. Kartu elektronik dengan interface kontak telah banyak diluncurkan untuk keperluan kartu telpon, kartu kredit dan kartu kesehatan (APSCA 2007). Kartu nirkontak mulai banyak digunakan untuk kebutuhan transportasi umum karena kemudahan dan kenyamanan penggunaan dengan cukup menempelkan kartu ke perangkat pembaca tanpa memasukkan kartu ke dalam slot perangkat pembaca.

Kartu nirkontak tidak bergesekan langsung dengan perangkat pembaca yang dapat menyebabkan terkikisnya lapisan pelindung chip. Kartu nirkontak juga memiliki daya tahan tinggi karena terlindungi dari kontak langsung lingkungan seperti udara, air dan cairan lainnya. Ia juga terlindung dari karat karena kelembaban udara dan air khusunya di daerah tropis seperti di Indonesia. Oleh karena itu, kartu e-KTP menggunakan interface nirkontak.

e-KTP di Negara Maju

Kartu identitas elektronik telah banyak digunakan di negara-negara di Eropa antara lain Austria, Belgia, Estonia, Italia, Finlandia, Serbia, Spanyol dan Swedia, di Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Maroko, dan di Asia yaitu China.

Kartu identitas elektronik Belgia merupakan kartu yang tertanam chip kontak berisi biodata, pas photo dan tanda tangan pemilik kartu dan petugas penerbit kartu. Data identitas dan pas photo (JPEG, 3 KB) ditandatangani secara digital oleh Badan Registrasi Nasional. Chip di dalam kartu juga mampu melakukan tanda tangan digital dan pembangkitan kunci kriptografi.

Uji petik kartu elektronik Belgia dilakukan sejak bulan Maret 2003 dan diluncurkan secara nasional pada bulan September tahun 2004. Kartu identitas elektronik Spanyol memuat biodata, dan gambar biometrik wajah dan sidik jari. Uni Emirat Arab dan Arab Saudi telah menanda tangani perjanjian pada tahun 2007 yang memungkinkan warga negaranya untuk menggunakan kartu identitas elektronik masing-masing warga negaranya untuk perjalanan antar kedua negara tersebut melalui darat, laut dan udara.

China menerapkan kartu identitas penduduk generasi kedua yang menggunakan chip nirkontak berstandar ISO 14443 yang tersimpan di dalamnya biodata dan pas photo pemilik kartu identitas. Kartu identitas elektronik ini mulai diluncurkan pada tahun 2004 bagi penduduk wajib KTP di China yang mencapai jumlah 960 juta jiwa. Kartu identitas elektronik ini dirancang mudah dan murah dalam produksi, dan mudah, teramankan dan tahan lama dalam penggunaan.

e-KTP di Indonesia

Pada uji petik e-KTP tahun 2009, Ditjen Adminduk yang bekerjasama dengan BPPT, ITB, LSN dan APTIKOM memberikan pelatihan dan pendampingan teknis bagi kegiatan perekaman sidik jari. Saat ini, petugas kecamatan telah dapat mengoperasikan dengan baik dan mandiri kegiatan perekaman sidik jari, pengiriman sidik jari untuk identifikasi 1:N, dan perekaman data ke dalam chip serta verifikasi sidik jari 1:1 hingga e-KTP diserahkan kepada penduduk.

Penerapan awal KTP berbasis NIK yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip atau e-KTP merupakan langkah strategis menuju tertib administrasi kependudukan yang mengamanatkan adanya identitas tunggal bagi setiap penduduk dan terbangunnya basis data kependudukan yang lengkap dan akurat.

Semoga bermanfat.
Sumber: DetikInet

Artikel Terkait:

34 Komentar

  1. freezipe.com // 4:06 PM  

    mantep nih.....sipp tambah maju tekno indonesia

  2. yahya // 5:39 PM  

    sip deh.. nambah info gan

  3. si Rusa Bawean // 6:03 PM  

    kapan kita bisa pakai eKtp???

  4. Anonim // 4:52 PM  

    e-ktp memang bagus. tapi tanda tangan pemilik tidak nampak, sehingga kesulitan dalam transaksi di bank.

  5. Dreamlandhost // 12:10 AM  

    Terimakasih infonya, baru tau nich dari artikel anda.

  6. Anonim // 10:44 PM  

    smart card reader dan writer adalah alat yang digunakan untuk melengkapi implementasi ektp, tentunya berbarengan dengan sistem yang mendukung.

    http://fingerprints.indonetwork.co.id

  7. Anonim // 11:29 AM  

    DI MALAYSIA MYKAD ATAU E KTP MEREKA LEBIH CANGGIH DARI ID CARD EUROPA & AMERICA DAN BISA DIDTEKSI OLEH SATELIT MEREKA UNTUK WARGANEGARANYA& PENDUDUK TETAPNYA SAJA, MALAYSIA MEMABANGUNKAN IDE SUDAH 10 THN LALU DAN MEREKA SUDAH LEBIH MAJU KEHADAPAN DGN MYKAD MALAYSIA YG SETANDING BAHKAN ID CARD YG TERCANGGIH DI DUNIA YG DIMILIKI MALAYSIA SKRG , ITU SBBNYA TERORIS PAYAH WARGANEGARANYA PAYAH MAU BIKIN ONAR DINEGARA SENDIRI MAKA SI NORDIN MAT TOP ITU TERPAKSA MERUSAKKAN NEGARA ORG

  8. Anonim // 11:36 AM  

    KALAU MYKAD MALAYSIA YG TERCANGGIH DIDUNIA BISA DIDETEKSI OLEH SATELIT, DAN BISA DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI URUSAN PEJABAT PEMERINTAHNYA DAN SWASTA DGN MUDAH & CEPAT SERTA TERJAMIN KESELAMATANNYA KARENA IANYA MENYIMPAN DATA CAP JARI MEREKA ( 2 JEMPOL) TANGAN YG DIREKODKAN KDLM MIKROCIP YG MEMMPUNYAI KAPASITAS 64 KB DAN BISA MENYIMPAN DATA SEBANYAK 500.000 DATA SECARA ONLINE ..NAH E KTP KITA BARU BRAPA KB SAJA?...kok kita terus kalah seh sama negara jiran yg jauh lbih kecil

  9. Anonim // 11:42 AM  

    KALAU MAU LEBIH JELAS LAGI TTG MYKAD CANGGIH MALAYSIA YG SUDAH 10 THN LALU MEREKA GUNAKAN...DAN KITA KNAPA BARU SKRG BERSUSAH PAYAH KALI DEH SEPERTINYA, SILAKAN KLIK WWW.JABATAN PENDAFTARAN NEGARA.COM.MY DAN JGN LUPA TERUS KLIK VIDEO MYKAD YG TERSEDIA DI DLM WEBSITE MEREKA ITU...INDONESIA APA GGAK BISA TANDINGI MYKAD MALAYSIA SEH?....NEGARA KITA LEBIH KAYA DAN BESAR DARI N MEREKA ..HUHHHHH KALAH TERUS!!!

  10. Anonim // 11:50 AM  

    SAYA CADANGKAN PEMERINTAH HARUS BIKIN E KTP YG JAUH LEBIH HEBAT DAN CANGGIH DARIPD MYKAD CANGGIH MALAYSIA PUNYA, SUPAYA NEGARA KITA JGN TERUS DIPERLECEHKAN DAN DI GEROGOTI PERBATASAN , KEPULAUAN MILIK KITA...BUKTIKAN PADA MEREKA BAHWA KITA BISA BIKI IDETITY CARD YG JAUH LEBIH CANGGIH DARI MEREKA PUNYA..........INDONESIA BISA!!!

  11. Anonim // 11:57 AM  

    E KTP BUAT SELAMA-LAMANYA SAMPAI KE AKHIR HAYAT, BUKANNYA 5 THN SEKALI HRS DITUKAR INI BUKANNYA PASPOR, UNTUK APA HRS DITUKAR 5 THN SEKALI..INI LEBIH HEMAT DANA DAN MEMUDAHKAN UNTUK MENYUSUN STATISTIK KEWARGANEGARAAN TIDAK PERLU DITUKAR GANTI SETIAP 5 THN, KALAU SI PEMILIKNYA SUSAH MATI WAJIP MENYERAHKANNYA KEMBALI KPD JABATAN YG MENGELUARKAN UNTUK DI HAPUSKAN REKOD ID MEREKA , KARENA ORG TERSEBUT SUDAH MATI JD SEMUA DATA-DATANYA HARUS DIPADAM DLM MIKROCIP TADI DAN YG ADA DI PUSAT PANGKALAN DATA KOMPUTER PEMERINTAH...BAGAIMANA IDE SAYA???

  12. Anonim // 12:05 PM  

    INDONESIA MMG KETINGGALAN TERUS DGN NEGARA JIRAN YG KECIL-KECIL DARI SEGI SISTEM TECHNOLOGY ZAMAN YG SERBA CANGGIH INI KITA PERLU TERUS BERSAING DGN NEGARA ASEAN YG JAUH LEBIH MAJU DARIPD KITA TERUTAMA ...MALAYSIA BISA BERJAYA JAUH MENINGGALKAN SISTEM TECHNOLOGY KITA YG LEMBAP..ITU SBBNYA TERORIS MUDAH UNTUK MERUSAKAN NEGARA KITA KARENA SISTEM TECHNOLOGY DATA RAKYAT KITA MASIH LAGI BERSEMERAWUT

  13. Anonim // 12:26 PM  

    TAK PERLU PAKAI TANDA TGN SEGALA ..KAN UDAH ADA CAP JARI NYA ...TERBUKTI ALLAH SWT SUDAH MENJELASKAN DI DLM AL QURAN KALAU CAP JARI MANUSIA ITU TDK ADA YG SERUPA BIARPUN KEMBAR SIAM..INI TERBUKTI TUHAN MAHA TAU SEGALA-GALANYA ..KOK PAKAI T TANGAN SEGALA LG SEH.???..INI MENAMBAHKAN LG BEBAN KERJA DAN BANYAK KERJA KADANG2 T TGN SESEORNAG ITU SUKA DI TUKAR-TUKAR GAYA DAN CARANYA ...HUHHH GGAK BERFIKIR DULU SEH!!!

  14. Anonim // 12:34 PM  

    DI MALAYSIA UNTUK URUSAN PEJABAT KERAJAAN , SWASTA DAN PERBANKAN MEREKA HANYA MEMINTA MY KAD SAJA. SESUDAH ITU JARI ANDA AKAN DI MINTA DAN DILETAKKAN DITAS ALAT PEMBACA MYKADNYA ( E KTP) KALAU KITA PNYA...MAKAN SEMUA DATA BIOMETRIKNYA DAPAT DLM KOMPUTER UNTUK MEMPROSESAN URUSAN BANK YG BEGITU CEPAT DAN SELAMAT TIDAK PERLU T TANGAN SEGALA KARENA SISTEM BIOMETRIK SUDAH CUKUP BERKESAN...APAKAH PEMERINTAH KITA SUDAH MENYEDIAKAN ALAT PEMBACA BIOMETRIK UNTUK E KTP KITA SPERTI YG ADA DI MALAYSIA DAN N ASEAN YG ALINNYA???

  15. Anonim // 12:44 PM  

    ALAT PEMBACA E KTP INI SEHARUSNYA SUDAH DISIAPKAN DULU SBLUM E KTP DI LUNCURKAN UNTUK WARGANEGARANYA INI KARENA DI MALAYSIA BERDASARKAN PENGALAMAN LAMA SY DI SANA, MALAYSIA UNTUK SGALA URUSAN APA JUA SEKALIPUN HARUS MENYEDIAKAN ALAT PEMBACA E KTP MEREKA INI KARENA UNTUK MENJAMIN KESELAMATA DATA SESEORANG ITU DARI DIPALSUKAN ATAU DI SALAHGUNAKAN ORG LAIN UNTUK PENIPUAN ..MYKAD MEREKA AKAN DIMASUKKAN KE DLM ALAT PEMBACA MYKAD TD MAKA TERPAMPANGLAH DI KOMPUTER SEMUA MAKLUMAT & DATA BIOMETRIK ANDA ...SAMA ATAUPUN SEBALIKNYA!!!

  16. julendra // 5:54 AM  

    http://www.mampu.gov.my/myid_info/soalan.htm
    Dari laman MyKAD koq ndak ada info MyKAD yg sedetil itu. Tujuannya hanya mempermudah urusan dengan kantor pemerintah umum, hanya menyederhanakan pelayanan umum dengan satu ID. Bahkan belum bisa digunakan oleh bank. Punya asal info darimana ya?

  17. Anonim // 9:04 PM  

    malaysia jumlah penduduknya dikit, input datanya juga dikit, kalo Negara Indonesia yang kita cintai ini, jumlah penduduknya buanyakk, jadi pening dulu mo bikin database, kecuali orang2 di google ato yahoo kita beli, insyaAllah setahun aja dah kelar...

  18. Anonim // 5:01 PM  

    KALAU MAU LIHAT LEBIH DETAIL LAGI TTG KECANGGIHAN MY KAD MALAYSIA ( E KTP TERCANGGIH ) NO 2 DI DUNIA MILIK MALAYSIA SETELAH E KTP MILIK CANADA, SILAHKAN BUKA SAJA WEB WWW.JABATAN PENDAFTARAN NEGARA.COM.MY , pasti kamu kagum lihat JABATAN KERAJAAN MILIK MEREKA INI

  19. Anonim // 8:10 AM  

    bodoh kali ini yang bilang MYKAD lebih canggih,,semakin bisa dideteksi oleh satelite semakin privacy kalian terganggu...gw sih ngk pengen punya ktp yang tau dimana keberadaan gw..privacy gitu loh..berarti orang2 malay orang2 bodoh mau di perbodoh sama orang2 bodoh..kenapa ngk pasang RFID ajah sekalian di tubuh kalian??canggih tapi klo privacy terganggu sama ajah dengan bohong ~_~a

  20. Anonim // 8:58 PM  

    KAMU YG TOLOL, TUJUANNYA UNTUK MNJAMIN RAKYATNYA BERADA DI MANA JUA AGAR SENANTIASA DI AWASI JGN SESEKALI BIKIN KASUS PENIPUAN ATAUPUN UNTUK KESELAMATAN SBG WARGANEGARA YG TERJAMIN DARISEGI UNSUR UNSUR KRIMINALITAS DAN KEHILANGAN WARGANEGARANYA DI MANA JUA SEKALIPUN, BUKANYA NTYK MNCARI TAU HAL PERIBADI KAMU SAJA ..BONGOK!!! LO!

  21. Anonim // 4:40 PM  

    heran pada ribut ajah. Kalo menurut gw ini yang lg ngomong anonim at 8:58 pm kek orang malaysia ya? dari cara lu ngomong gw tau lu bukan orang INDONESIA! jadi jgn asal ngomong aja lo! hina dina negara Indonesia...! @ yang lain : cuekin aja tuh, ga penting bgt ni orang.. lebay.

  22. Tukul // 1:57 AM  

    mnurut gw emang HURUF BESAR smua tu org aneh,, KATROK BANGET gt loh...

  23. Anonim // 9:46 PM  

    heh dasar GOBLOK sy ini org mlayu riau ..mngerti kamu aku lama belajar d malaysia jd aku lbh kpd bhsa malayu mLAYSIA..DASAR Kampret ANONIM 4;40 lo ya....otak lo itu mmg maunya ktinggalan zmn terus ..org udah smpai ke langit ke 7 lo bru mau mrangkak d bumi....org d kasi saran malah sok pintar tp BODOH lo..sbnrnya

  24. Anonim // 11:26 AM  

    ini lah orang i'sia semua sok pintar....

  25. Homeland // 9:28 AM  

    permisi numpang lewat oM, Tante, Mas, Mbak, Pak Dhe, Bu Dhe, monggo silakan dilanjutkan yang ribut, makin lama makin asyik neeh orang lihat ribut hahaha, saya kasih tepuk tangan :P

  26. e-ktp // 11:48 AM  

    Artikel yg bagus. Terimakasih atas informasinya Pak Anangss.. =) Katanya bulan Agustus 2011. pemerintah serentak melaksanakan di beberapa tempat... * positif thinking*

  27. Pdt. JOSHUA M SINAGA // 11:48 AM  

    langkah maju, semoga penerapan dilapangan efektif

  28. Anonim // 6:04 PM  

    uda jangan ribut mendingan ngentup.......

  29. Anonim // 9:08 PM  

    thanks mas anang atas infonya. yang jelas e-ktp adalah langkah maju kita. salam

  30. Newman Bayu Satria // 8:38 AM  

    Ada baiknya jika kita semua tidak memberikan postings atau pendapat apapun yang tidak sesuai dengan Topik yang sedang di uraikan. Kepada pihak pihak yang merasakan pentingnya informasi yang sedang dipaparkan, hendaknya juga segera memberikan tuntunan berupa informasi yang benar, lengkap, aktual serta akurat dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, agar orang-orang yang tidak mengerti dapat segera menjadi mengerti dan memahami secara akurat juga untuk dapat selanjutnya menjelaskan ataupun tepatnya men-sosialisasikan program Pemerintah ini agar dapat segera dilaksanakan dan dituntaskan. Mengenai pendataan Kependudukan di Indonesia memang tidak mudah. Banyak kendala yang terjadi di dalam Proses Pelaksanaan di lapangan. Untuk itu, menurut saya secara pribadi, ada baiknya Sosialisasi secara cermat dan membumi,dengan bahasa yang lugas tegas dan mudah dimengerti harus dilakukan sesegera mungkin di semua penjuru, tidak terkecuali melalui mediasi Internet. Hal-hal yang saya temui/baca hanyalah berupa wacana yang sifatnya formal dan kaku. Sehingga tidak langsung dapat dimengerti karena harus dicerna dengan seksama dan sedikit tambahan pengalaman Edukasi. Sedangkan masyarakat Indonesia secara umum saja masih salah dalam meneruskan informasi. SEGERALAH Kepada Pihak Pemerintahan memaparkan dengan lebih teratur dan jelas agar mudah dimengerti dan dapat segera dituntaskan. Saya sebagai Warga Negara Indonesia sangat mendukung Program ini untuk kebaikan kita semua. Semoga segera mendapat perhatian.

  31. Anonim // 12:23 AM  

    semoga lancar ya pak...!!!!
    tapi kayaknya masih lama ..
    banyak kendala yang di temui di lapangan...
    misalnya...
    perekaman data di tiap kecamatan , untuk mendapatkan operator komputernya saja sangat sulit...!! trus bekal latihan yang diberikan sangat sedikit.. , adm dan opr di capilduk saja masih ada yang kesulitan dengan program ini.. apalagi opr di tiap kecamatan yang masih awam dengan sistem siak....

  32. Anonim // 12:49 PM  

    semoga apa yg di lakukan pmerintah..
    mnjdi lebih baik lgi dan efektif...

    http://fashionpria.indoprofile.com/blog

  33. Anonim // 10:24 PM  

    kayaknya yang komennya pake CAPSLOCK semua ini orang malaysia ya?
    banggain mycadnya n nyindir2 indonesia,,,
    hehehe..
    mau promosi ya bos?

  34. Anonim // 1:45 AM  

    silahkan klik aja di jabatan pendaftaran negara.gov.my spertinya indonesia masih ketinggalan jauh dari segi IPTEKnya berbanding malasya mykad mereka jauh lebih cantik dr ektp indonesia dan mykad malasya lbh canggih dr ektp indonesia..bkn mksud mau bnggai ngra org.tp itulah knyataanya

Poskan Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.