Motor Pertama di Dunia

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 22, 2010 | | 7 Komentar »

Motor adalah alat transportasi yang banyak sekali penggunanya, cocok digunakan di perkotaan yang sangat padat dan sering macet. Selain itu motor juga lebih hemat bahan bakar. Tapi banyak yang belum tahu tentang sejarah motor . Tahukah Anda tentang motor pertama di dunia?

Sepeda motor bermerek Hildebrand and Wolfmuller buatan tahun 1894 yang merupakan sepeda motor pertama di dunia dan salah satu motor tertua yang saat ini masih ada.

Hildebrand and Wolfmuller merupakan sebuah sepeda motor yang telah diperkuat mesin twin-cylinder, water-cooled, four-stroke yang dikembangkan oleh dua orang yang masih bersaudara yakni Henry dan Wilhelm Hildebrand.


Untuk membangun motor ini, keduanya pun berkolaborasi dengan Alois Wolfmuller dan mekaniknya Hans Geisenhof untuk membangun sebuah motor berkapasitas mesin 1488 cc yang memiliki tenaga sebesar 2.5bhp.

Setelah dipatenkan pada Januari 1894, mesin penemuan mereka itupun juga segera dilisensikan di Prancis sebagai La Petrolette.

Namun produksi motor Hildebrand and Wolfmuller terpaksa harus berhenti pada 1897. Diperkirakan hanya ada 800 motor Hildebrand ad Wolfmuller yang saat itu berhasil diproduksi.

Setelah berhenti produksi, mesin motor dijual ke sebuah keluarga Amerika dan terakhir digunakan di jalan di tahun 1930-an.

Artikel Terkait:

7 Komentar

  1. Rhyzaboy // 4:15 PM  

    PertamaX gan...

  2. Rhyzaboy // 4:17 PM  

    Sungguh beruntung ya kita yang sudah dapat menikmati kecanggihan teknologi seperti yang sekarang ini banyak kita jumpai,,, Terima kasih kepada para ilmuwan2 terdahulu...

  3. Herdoni Wahyono // 4:25 PM  

    Sayang produksi motor Hildebrand and Wolfmuller hanya dapat bertahan selama 3 tahun. Berarti kita hanya dapat melihat motor tersebut di museum saja. Trims infonya yang menarik.

  4. POOSOFT // 7:37 PM  

    Zaman Dulu Luar bIasa...Thanks

  5. tas laptop // 5:38 PM  

    keren tuh kalo masih bisa jalan motornya, klasik abiz :D

  6. bisnis online // 4:35 PM  

    Wahh.. Makasih Info nya kk ^_^

  7. foredi manado // 3:01 PM  

    Tips dan Tulisan postingannya bermanfaat, saya dalam ide baru dari postingan ini. Terima kasih banyak

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.