Saat ini Social Media (Seperti Blog, Facebook, Twitter, Foursquare, dan sebagainya) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Adapun selain untuk kebutuhan bersosialisasi juga dipergukan sebagai penunjang bisnis.
Banyak terlihat kehadiran brand-brand di berbagai bentuk Social Media.
Social media adalah salah satu bagian dari strategi marketing. Sebagai salah satu cara berkomunikasi, maka Social Media mempunyai dampak baik serta dampak buruk.
Kelebihan
- Keberadaan brand di social media dapat menjadi sarana mudah buat konsumen untuk menyampaikan keluhannya dan brand dapat menggunakan social media untuk merespon dengan mudah dan cepat serta personal. Brand pun mesti memikirikan cara pelayanan konsumen yang baik via social media, juga tetap memantau berbagai keluhan layanan, dan meresponnya dengan cepat bahkan sebelum mereka melaporkan secara resmi.
- Social media dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dengan menjadikan mereka tetap bersentuhan dengan brand secara personal, tetap saling berbagi informasi, dan konsumen mendapat manfaat, sehingga ujungnya bisa meretensi konsumen.
- Brand bisa menjadi cara baru strategi marketing dari mulut ke mulut.
- Jika barang atau jasa yang ditawarkan buruk, para pengguna social media bisa dengan mudah menumpahkan kekecewaannya melalui social media, bahkan sampai mencaci maki. Dengan demikian kehadiran brand di social media tersebut tidak akan membantu selama produknya tidak diperbaiki.
- Harus ada pengelola khusus agar tidak terjadi kebingungan bagi anggota yang merupakan konsumen atau calon konsumen.
Semoga bermanfaat.
Social media memang telah mendunia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Suatu peluang yang bagus sebagai media promosi dan pemasaran. Dibutuhkan strategi dan langkah yang tepat untuk menjalankannya. Trims sharingnya.
sosial media juga bisa digunakan untuk menyebarkan pemahaman baik maupun buruk ...
klo saya sementara ini memandang social media malah negatif..
boros mas :(
Thx untuk artikelnya
Yups Semunya Betul..
Berita baik, berita buruk sangat cepat menyebar bagai virus hanya dengan social media. Jika hal ini kita ambil positifnya, misal memanfatkan SM untuk promosi bisnis. Maka hal ini menjadi potensi yang luar biasa. Tapi bagaimana cara yang efektif untuk berpromosi di SM ?
sosial media kadang bisa dimanfaatkan untuk hal yang baik atau hal yang buruk....tergantung cara pandang kita....
salam
Bali Property
sosial media adalah cara yg paling mudah untuk mempromosikan sebuah brand dari berbagai product atau jasa.80 % org2 akan lebih mudah untuk mengenal brand kita
tapi 200 % akan lebih mudah juga untuk memberi cap jelek kpd brand tsb.Solusinya,Jgn percaya penuh kelebihan maupun kekurangan dari brand tsb.Contoh kecil,yg punya brand akan mengupload foto yg paling bagus dari product mereka,padhal foto itu tdk mewakili 100 % objek yg di foto.Dan pada kesempatan lain ada satu customer yg mengupload foto dr prudoct mrk tp fotonya jelek.Fenomena yg terjadi,org2 cuma akan melihat dan percaya kpd hasil foto yg jelek tsb.
Intinya media itu adalah tempat atau cara atau wadah sebuah pemberitahuan kpd khalayak ramai,baik itu via medsos atau pun media lainnya.Namun kebanyakan media itu cuma menjual kebohongan.Bagaimana sebuah foto atau sebuah berita akan laku jika isinya adalah kebenaran yg terjadi.