Teknologi 100G

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Juli 01, 2010 | , | 4 Komentar »

Teknologi komunikasi di segmen jaringan serat optik kembali menghadirkan terobosan baru dengan diluncurkannya solusi kanal tunggal atau Single Carrier Next Generation dengan kecepatan 100 gigabit per detik (100G).

Teknologi ini deperkenalkan di Paris, Prancis oleh Alcatel-Lucent (ALU) dan merupakan bagian dari jaringan "Next Generation Coherent".

Teknologi tersebut dirancang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan bandwidth yang terus meningkat lewat hadirnya beragam layanan multimedia, seperti video streaming, aplikasi web, file sharing, dan film-film berkualitas tinggi (high definition/HD).


Dalam implementasinya di lapangan, solusi ini diklaim ALU dapat mendukung transfer lebih dari 100.000 file MP3 dalam 60 detik atau lebih dari 15.000 siaran langsung saluran HDTV secara bersamaan.

Selain menawarkan pengingkatan performa, teknologi Single Carrier Next Generation juga menawarkan integrasi jaringan yang signifikan dan jangkauan transmisi yang lebih jauh dengan kompleksitas, biaya operasional, dan konsumsi daya yang lebih rendah.

"Solusi ini juga mampu bekerja bersamaan dengan teknologi jaringan existing, semisal antara 100G dengan infrastruktur berkecepatan lebih rendah seperti 10G dan 40G," kata James Watt, Head of ALU Optics.

Perangkat jaringan yang diusung dalam solusi ini adalah Photonic Service Switch 1830 (PSS 1830), hasil inovasi dari Bell Labs--lembaga penelitian milik ALU.

PSS 1830, telah dipilih oleh operator Softbank Telecom Corp dari Jepang untuk jaringan infrastruktur backbone-nya. Teknologi ini juga telah diuji coba oleh operator Telefonica dari Spanyol.

Semoga bermanfaat.
Sumber: Berbagai sumber.

Artikel Terkait:

4 Komentar

  1. John Terro // 11:41 PM  

    pertamax gan .. tapi ane masih lum bisa bayangin gimana kalo diriku ini ngenet dengan kecepatan segitu ... pasti tambah betah :P

  2. Nanang // 8:22 AM  

    @to: John Terro
    Belum tentu tambah betah, karena semuanya serba cepat dan mudah. Semua apa yang dicari cepat didapat, trus abis itu bengong mo ngapain (kecuali live streaming dan chating)

  3. andee // 1:28 AM  

    blogwalking herer guys...

    http://livestreamfree.net/

  4. POOSOFT // 1:38 AM  

    hem..tahun berapa bisa di rasakan bangsa ini yah

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.