Info Apple di WWDC 2011

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Juni 08, 2011 | , | 6 Komentar »

Apple telah membuka Worldwide Developers Conference 2011 dengan sejumlah pengumuman. Berikut adalah beberapa hal menarik yang diumumkan Apple dalam ajang tahunan tersebut.

iCloud

Seperti telah dirumorkan, Apple akhirnya mengumumkan layanan iCloud. Layanan ini menyimpan dan mendistribusikan konten milik pengguna perangkat Apple.

Contohnya, iCloud akan menyimpan foto yang diambil dengan iPhone lalu secara otomatis mengirim konten foto itu untuk disimpan pada Mac, AppleTV atau bahkan iPad milik sang pengguna.

Ada beberapa layanan terkait iCloud yang diumumkan:


Layanan mail, Contact dan Calendar yang dulu disebut MobileMe kini menggunakan iCloud. Layanan push mail-nya berada di me.com.

App Store dan iBookstore kini mendukung iCloud. Sehingga apps dan buku yang dibeli di satu perangkat bisa diunduh juga di perangkat lain yang dimiliki.

iCloud Backup merupakan layanan backup via WiFi yang aktif saat iPhone, iPad atau iPod Touch di-charge. Jika berganti perangkat iOS, pengguna bisa langsung mengunduh dari backup ini.

iCloud Storage merupakan layanan penyimpanan dokumen. Aplikasi yang langsung mendukung tentunya adalah Apple Pages, Numbers dan Keynote.

Photo Stream merupakan layanan iCloud khusus foto. Layanan ini otomatis menyimpan dan mendistribusikan foto di seluruh perangkat iOS dan Mac.

iTunes in the Cloud memungkinkan pembelian musik via iTunes dilakukan satu kali untuk semua perangkat. Ini termasuk musik yang dibeli di masa lalu (tak perlu beli ulang).

iTunes Match adalah bagian dari iTunes in the Cloud yang memungkinkan layanan itu mencocokkan lagu pada perangkat iOS dengan server iTunes. Jika ada yang cocok, layanan itu akan 'mencatatnya' sehingga lagu itu tersedia juga untuk diunduh.

iMessage

Apple memperkenalkan layanan pesan antar pengguna perangkat iOS bernama iMessage. Layanan ini sedikit-banyak serupa dengan BlackBerry Messenger-nya Research In Motion.

OS X Lion

Apple juga mengumumkan beberapa pembaruan pada OS X Lion. Sistem operasi untuk Mac ini bakal tersedia di App Store seharga USD 30 (ukuran file 4GB).

iOS 5

Apple di gelaran itu memperkenalkan iOS 5, sistem operasi baru untuk berbagai perangkat berbasis iOS mereka. Sistem operasi ini akan hadir pada musim gugur alias sekitar Agustus-Oktober 2011.

Beberapa fitur baru pada iOS 5 termasuk perubahan sistem notifikasi. Seperti pada OS Android, kini notifikasi iOS berada di atas layar dan bisa dibuka dengan sapuan jari. Notifikasi juga kini bisa muncul di lockscreen.

Fitur lain yang menarik adalah integrasi Twitter ke iOS 5. Dengan demikian, seperti sudah dialami pengguna BlackBerry dan Android, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti men-tweet foto langsung dari galeri.

Apple melakukan perbaikan pada browser iOS dengan hal-hal seperti Safari Reader (yang menampilkan hanya teks dari halaman web tertentu), Reading List (untuk menyimpan daftar halaman yang ingin dibuka nanti) hingga adanya tabbed browsing.

Reminder adalah fitur pengingat yang bisa disinkronkan di seluruh perangkat Apple dan kalender. Ia juga memiliki fungsi pengingat berbasis lokasi.

Sinkronisasi perangkat iOS kini bisa dilakukan dengan koneksi nirkabel. Ini termasuk adanya over-the-air update untuk iOS.

Artikel Terkait:

6 Komentar

  1. xamthone plus // 11:21 AM  

    wah jdi yg pertama nih,,
    postingan yang sangat menarik sekli.
    mkzh ya bwt info'y jdi mnambah ilmu baru lg nih..

  2. Obat Tradisional Glukoma // 11:27 AM  

    info yg sangat bermnfaat nih mas, jdi mnambah pngetahuan baru jg bwt saya

  3. Cara Menjadi Agen Xamthone // 1:59 PM  

    info yang mnarik nih mas.......
    mkzh ya bwt info'y sangat bermnfaat sekli.

  4. jelly gamat Gold G sea cucumber jelly // 12:06 AM  

    wahh banyak banget layanannya.. mantap deh,
    thanks banget infonya..

  5. budidaya tanam pepaya // 11:09 PM  

    Salam kenal dari Agro Buah
    Aku senang bisa komentar di sini, suatu kehormatan bagi kami jika di perkenankan membaca dan mendapatkan ilmu dari anda.
    terima kasih

  6. Bonzita // 1:24 AM  

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.