Sistim Desktop Nasional IGOS Siap Hadir

Oleh Nanang Suryana | Jumat, September 16, 2005 | | 0 Komentar »

Sistim Desktop Nasional IGOS yang merupakan aplikasi perkantoran berbasis open source software (OSS) akan soft launching bersamaan dengan peluncuran distro aplikasi Waroeng IGOS. Aplikasi desktop itu akan mencakup aplikasi seperti word processing, spreadsheet, presentation, web browser serta e-mail.

Kemal Prihatman, tim IGOS Ristek mengatakan aplikasi tersebut akan menggantikan aplikasi desktop buatan Microsoft. "Untuk word processing layaknya aplikasi Microsoft Word, dapat menggunakan aplikasi desktop ini.

Aplikasi desktop itu akan diperkenalkan pada acara open house program IGOS di Lobby Gedung II BPPT, Jalan M.H. Thamrin No.8 Jakarta Pusat. Peluncuran yang digelar tanggal 12 Juli 2005 mendatang akan bertemakan 'Inovasi Open Source Software (OSS) Karya Anak Bangsa Menuju Kemandirian Nasional'.

Disitu, karya anak bangsa dengan produk aplikasi perangkat lunak berbasis open source yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia akan dipromosikan dan disosialisasikan. Jenis-jenis aplikasi OSS yang akan dipamerkan antara lain :
1. Aplikasi desktop dan server.
2. Aplikasi yang mendukung UKM dan IKM, seperti untuk warung internet (warnet).
3. Aplikasi berskala Enterprise (ERP) seperti untuk Sistim Kepegawaian, Sistim Keuangan, Sistim Absensi dan Sistim Integrator.
4. Aplikasi untuk pendidikan
5. Aplikasi permainan (games)

Selain itu, dalam forum itu juga akan dipublikasikan buku dan majalah tentang OSS. Konsultasi untuk pengembangan dan penyebaran open source juga terdapat didalamnya.

Peserta open house yang akan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 30 peserta. BUMN, instansi pemerintah, Perguruan Tinggi, perusahaan pengembang software lokal, vendor, komunitas TI, maupun asosiasi lainnya akan hadir di acara itu.

Sumber Detikinet

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.