Sebelum terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, sebaiknya simak tips merawat dan memperlakukan batterai laptop atau notebook berikut ini.

  1. Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.
  2. Baterai notebook dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebook sambil diletakkan di pangkuan Anda.
  3. Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.
  4. Jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan pada batterai notebook yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit ataupun tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

  5. Jangan letakkan notebook di aera yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari yang dapat menyebabkan batterai notebook menjadi overheat.
  6. Hindari batterai notebook menjadi basah atau terkena air. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam baterai secara perlahan akan berkarat atau menjadi konsleting.
  7. Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.

Artikel Terkait:

10 Komentar

  1. JoVie // 2:25 AM  

    Wah..kalo gw sih udah kebiasaan naruh notebook di pangkuan..notebook gw udah jatuh berkali2..tapi udah lama sih nih notebook udah 3tahun..lagi pengen yang baru..hehe

  2. JoVie // 2:31 AM  

    ngomong2..nih artikel tentang batre ato note book yah??

    gini nih ada tambahan buat ngerawat :
    untuk notebook :
    jangan ON di atas kertas yang lunak, kasur, atau apa aja yang lunak..sebaiknya ON di atas permukaan yang datar..yang pasti kipas dari notebook tersebut jangan sampe tertutup..karena ini lah yang menyebabkan overheating..kalo karet yang mengganjal udah ilang, sebaiknya memakai cooler

    untuk batrai :
    jangan biarkan batrai notebook dibiarkan dalam keadaan kosong, usahakan selalu di charge apabila udah low, dan jangan dibiasakan charge sambil dipake..kalo tempat kita pake "listriknya" comfortable...sebaiknya batrenya di lepas aja..jadi hanya memakai listrik sebagai power...
    kalo berpegian, sebaiknya batre selalu dalam keadaan terpisah (dilepas)..gitu Bung

    ada tambahan lagi nih..WOrd vertification nya maiin donk, biar aku gampang ngasih koment.hehe

  3. Tony // 8:23 PM  

    wah keren soal lagi cari2 info seputar laptop sebelum beli ..thanks share nya :)

  4. prazze // 8:50 AM  

    alo anang...
    notebook ya??
    ada satu lagi tips...
    kalo dah soax batrenya silahkan ganti...
    :)

    eh btw...
    template kita sama nih... :)

    iya word verifikasinya ilngin aja...
    (setuju ma jovie..)

  5. radenmas // 10:50 PM  

    apa bener ya klo kebiasaan memangku laptop bs bt mandul??

  6. EbookFree // 10:50 AM  

    Ya! kalau panas laptopnya, pakai cooler yang dibuat dari aluminium. Ia menyerap kepanasan dengan berkesan...

  7. Ackmali@ // 7:04 PM  

    hoh? aku sering make laptop diletakkin di atas kasur or dipangkuan dialasin ama bantal... ga bole ya? abis gimana dong?!

  8. ngatini // 4:34 PM  

    mangku notebook? mending mangku anak...ato..*halah...*

  9. Daniel MG // 5:07 PM  

    kalo aku sih pake notepad yang dari aluminium ithu lho yang kipasnya ada 3.. tinggal colok usb aman deh... mau di pangku atau ga udah aman deh...

  10. ♥ Ahmed Ridho ♥ // 2:28 PM  

    bedanya notebook dan laptop apa ya??

    http://ahmedridho.co.cc

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.