Perbedaan Netbook dan Notebook

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Agustus 05, 2008 | | 4 Komentar »

Perbedaan antara netbook dan notebook yang paling mendasar adalah dari sisi fungsionalitas. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.

Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar.

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci.


Ketersediaan input dan output devices di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB. Netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya yang lebih condong untuk content consumption.

Pastinya dari sisi harga keduanya tentu juga berbeda. Rata-rata netbook dibanderol di kisaran US$ 250 - US$ 450, sedangkan notebook minimal US$ 500.

Produsen Netbook di Indonesia: Acer, Zyrex, Asus, MSI dan Hewlett-Packard.

Sumber: DetikInet

Artikel Terkait:

4 Komentar

  1. ipanks // 8:53 AM  

    wahh lumayan juga ya harganya.kapan y bisa beli netbook dan notebook?

  2. Panda // 3:52 PM  

    tanya broth, apa iya netbook masih sedikit pabrikan yg produksi ?

  3. Ngatini // 1:34 PM  

    aku mau dua2 nya...kalo butuh editing pake laptop..kalo mau chatting baru pake liptip nya..kan kecil jadi sebenernya namanya LIPTIP..hihiih

  4. namaku wendy // 1:42 PM  

    hehehe kayanya mshpake pc yg ini dulu aja deh, lom mampu;p

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.