Koleksi Messenger Berbasis Web

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Oktober 07, 2008 | | 1 Komentar »

Apa kelebihan instant messaging jenis ini dibandingkan dengan instant messaging dalam bentuk aplikasi mandiri? Bayangkan jika ternyata komputer yang Anda gunakan untuk berinternet tak tersedia aplikasi instant messaging satu pun.

Mengunduh file penginstalnya, lalu melakukan penginstalan, tentu membutuhkan waktu agak lama. Bisa jadi rekan ngobrol yang diinginkan sudah terlanjur sign out karena tak sabar menunggu.

Layanan kirim pesan praktis ini juga menjadi solusi jika jalur instant messaging Anda diblokir oleh administrator jaringan di tempat Anda bekerja. Kecuali jika semua alamat web layanan web-based chatting tersebut turut dihadang.

Karena berbasis web, chating dengan IM berbasis web tak perlu mensetting alamat IP (internet protocol). Seperti melakukan browsing, Anda cukup buka internet browser, masuk ke alamat layanan, login dengan account username dan password yang biasa Anda pakai, lalu langsung ngobrol dengan cepat.


Pilihan Beragam

Hampir semua layanan instant messaging mulai dari MSN, Yahoo! Messenger, sampai Google Talk pun memiliki layanan messaging versi web-based. Beberapa memang masih berstatus Beta, tapi sudah lumayan lancar untuk dimanfaatkan.

Satu Situs, Beragam IM

Selain layanan resmi dari masing-masing instant messaging, Anda bisa menemukan layanan dari pihak ketiga. Biasanya layanan pihak ketiga ini menyediakan fasilitas akses ke banyak layanan. Salah satunya dan yang terpopular adalah Meebo.

Pilihan Messenger Berbasis Web

Layanan instant messenger berbasis web bukan hanya Meebo saja. Anda memiliki banyak alternatif pilihan. Inilah pilihannya:

messidog.live.com

webmessenger.msn.com

webmessenger.yahoo.com

www.aim.com/aimexpress.adp

www.communicationtube.com

www.ebuddy.com

www.google.com/talk/#

www.iloveim.com

www.imhaha.com/webmsg/index.jsp

www.imo.im

www.imunitive.com

www.juslol.com

www.koolim.com

www.meebo.com

www.meglobe.com

www.messengerfx.com

www.mijnmessenger.nl

www.msn2go.com

www.nightcitychat.com

www.radiusim.com

Sumber: Kompas.com

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Lyla // 1:42 PM  

    aku kadang2 pake YM yg pake web juga

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.