Gratis Download Lagu-lagu Label Terkenal di Situs Qtrax

Oleh Nanang Suryana | Jumat, Februari 13, 2009 | , | 1 Komentar »

Bisnis iklan sebagai "layanan download musik gratis" telah menjamur tapi masih banyak yang ilegal. Untuk memulai bisnis tersebut Qtrax akan mencoba secara legal dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan label rekaman.

Qtrax sendiri telah menandatangi kerjasama dengan empat perusahaan label rekaman besar dunia. Mereka juga berencana relaunching layanan mereka ini bulan depan.

Tahun ini (2009), seiring penandatanganan kerjasama dengan grup perusahaan Warner Music, lengkap sudah sederet nama besar label yang bakal menjalin kerjasama dengan mereka. Karena selanjutnya, pada bulan Mei mendatang, Qtrax juga telah bersiap melakukan deal dengan grup Universal Music. Kerjasama itu disusul kemudian pada bulan Juni dengan kelompok usaha milik EMI Group Ltd., serta di akhir tahun 2009 dengan Sony Music Entertainment.


Bagaimana bisnis ini berjalan dan Qtrex bisa menangguk untung? Layanan musik ini memang membebaskan pengunjung untuk mengunduh lagu-lagu ke komputer pribadi dan bisa untuk ditransfer ke sebuah peranti musik jinjing. Namun, tidak bisa disalin atau diperbanyak karena dilengkapi software digital right management yang juga mengatur tampilnya iklan di setiap lagu.

Software ini juga akan menghitung berapa kali setiap masing-masing lagu dimainkan. Perhitungan ini akan dilakukan setiap kali pengunduh melakukan aktivasi. Masa aktif setiap lagu terbatas dan pengunjung harus melakukan aktivasi kembali untuk dapat mendengarkan terus lagu yang diunduhnya setiap bulan. Lagu-lagu tersebut bisa dinikmati dengan ponsel pintar dan para pemilik MP3 player, tetapi tidak untuk iPod.

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Lyrics Collection // 3:06 PM  

    Nice info, you can find songs lyrics colection to my blog.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.