Para ilmuwan di Inggris menciptakan sebuah sistem yang memungkinkan komunikasi dari otak ke otak.

Sistem yang dikembangkan oleh tim peneliti dari University of Southampton ini diklaim sebagai teknologi pertama yang memungkinkan penggunanya mengirim isi pikiran, rangkaian kalimat dan citra langsung ke otak orang lain seperti layaknya bertelepati.

Dengan teknologi ini, para ilmuwan berharap dapat membantu mereka yang mengalami kelumpuhan atau cacat dapat saling berkomunikasi dengan efektif.


Teknologi serupa sebelumnya sudah pernah dikembangkan akan tetapi sebelumnya, sistem komunikasi ini tidak menghubungkan antar otak melainkan menghubungkan otak dengan perangkat komputer, telepon, internet, dan perangkat lainnya.

Alat ini bekerja dengan menggunakan 'brain computer interfacing' yaitu sebuah teknik yang memungkinkan komputer untuk menganalisa sinyal pada otak sehingga memungkinkan mereka mengirim pesan yang terbentuk melalui sinyal pada otaknya meski otak penerima berada dalam jarak yang cukup jauh.

Selama proses transmisi, kedua orang yang tengah berkomunikasi terkoneksi dengan elektroda yang mengukur aktivitas pada bagian spesifik otak.

Semoga penemuan dan pengembangan penelitian ini bermanfaat bagi umat manusia.
Dari: Berbagai Sumber.

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.