Latih Ketangkasan Otak dengan Game Tetris

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Oktober 14, 2009 | , , , | 3 Komentar »

Bermain tetris ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak. Hal ini mengacu pada hasil studi selama 3 bulan yang dilakukan oleh Mind Research Network.

Studi ini adalah yang pertama kalinya dilakukan dengan menggunakan teknologi scanning MRI untuk menyelidiki bagaimana pengaruh permainan ini pada otak. Jika sebelumnya ditemukan bahwa permainan tetris bisa mengurangi trauma pada seseorang, maka kelebihan permainan tersebut bertambah lagi.


Lewat penelitian ini, mereka menemukan bahwa gadis remaja yang bermain tetris tidak hanya mempunyai ketangkasan otak yang lebih baik namun juga lapisan otaknya lebih berkembang.

Hal ini tidak lepas dari cara memainkan tetris yang megharuskan proses kognitif seperti perhatian, koordinasi tangan dan mata, serta ingatan yang harus bekerja bersamaan. Pemain dituntut untuk berpikir cepat dalam menempatkan berbagai bentuk balok dalam tempat yang sesuai.

Memainkan tetris secara regular juga mampu meningkatkan kemampuan dalam merencanakan hal-hal kompleks dan berpikiran kritis.

Tapi perlu diingat satu hal, bahwa sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik kepada kesehatan, jadi jika ingin mencoba bermain game tetris dengan tujuan baik hendaknya jangan berlebihan bermainnya.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

3 Komentar

  1. tips internet dan komputer // 8:52 AM  

    padahal game ini game uzur ya mas,,
    tapi ada kelebihan nya juga :),,

    jadi pengen maen tetris,,hehehe

  2. Radin Intan // 5:15 PM  

    durasi yang ideal untuk memainkan game ini ?

  3. Nanang // 7:32 AM  

    @to: Radin Intan
    Kalau durasi yang ideal mungkin tidak lebih dari 2-3 jam sehari.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.