Prosesor Intel Awal Tahun 2010

Oleh Nanang Suryana | Senin, Desember 21, 2009 | , | 1 Komentar »

Prosesor Netbook Generasi Baru

Intel resmi memperkenalkan jajaran terbaru prosesor Atom dengan kemampuan grafis yang terintegrasi di dalamnya. Platform dengan nama kode Pine Trail tersebut bakal hadir mulai bulan Januari 2010.

Pine Trail merupakan nama kode untuk prosesor anyar dari Intel yang dirancang untuk menangani berbagai aplikasi ringan komputer. Generasi terbaru dari Intel Atom itu pun segera hadir dengan disematkan beberapa pembaharuan.

Platform Intel terbaru ini menggunakan prosesor Intel® Atom™, N450, dan Intel® NM10 Express Chipset untuk netbook. Sedangkan untuk desktop PC tingkat dasar menggunakan antara prosesor Intel® Atom™ D410 atau D510 yang memiliki dua inti, yang kemudian dipasangkan dengan Intel® NM10 Express Chipset.


Pada sistim Pine Trail, seluruh bagian platform termasuk dengan chipset, dikemas dalam ukuran yang lebih kecil oleh karena proses integrasi dan sistem produksi 45nm. Selain lebih kecil desain sistemnya juga lebih padat, sehingga ukuran perangkat yang menggunakan sistem ini praktis bakal lebih ringkas.

Salah satu fitur yang paling menarik dalam platform terbaru ini adalah pengendali memori dan grafis yang terintegrasi dalam CPU, pertama kalinya di industri untuk chip berbasis x86. Artinya, hanya terdapat dua chip yakni CPU dan chipset. Dan meninggalkan konfigurasi lawas yang menggunakan tiga chip: CPU, chipset, dan I/O controller hub.

Dengan demikian, platform Pine Trail ini diklaim akan memiliki konsumsi daya lebih rendah, yang membuatnya lebih hemat energi, biaya dan ramah lingkungan. Netbook dengan sistem Pine Trail diklaim oleh Intel bakal lebih hemat daya sekitar 20 persen dari sistem Atom terdahulu.

Intel Core

Pada level entry bakal hadir seri Core i3 terbaru dari Intel, yang memiliki julukan 'smart performance'. Sementara Core i5 sendiri akan memiliki julukan 'smart performance with Turbo Boost Technology', dan Core i7 di puncak dengan 'the ultimate in smart performance'.

Core i3 bakal memiliki soket LGA-1156 'berotak ganda'. Dari sisi grafis, chip tersebut disebut mampu menjalankan Blu-ray dan game kelas mainstream. Selain itu Intel juga akan merilis H55 Express dan H57 Express core-logic motherboard, dari semua manufaktur besar.


Dari Berbagai Sumber.

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Achmad Suryadi // 10:12 PM  

    Wah, semakin keren aja nih Intel...

Poskan Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.