Internet Explorer 9

Oleh Nanang Suryana | Selasa, April 19, 2011 | , , | 11 Komentar »

Microsoft resmi merilis versi final Internet Explorer 9 (IE9), browser internet terbarunya, dengan membawa sejumlah keunggulan. Beberapa analis menilai, IE 9 adalah sebuah lompatan besar ketimbang versi IE terdahulu.

Penantian dua tahun dari IE 8 pun berakhir sudah. Beberapa terobosan baru dilakukan Microsoft untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Diantaranya dengan menghadirkan performa serta kecepatan yang jauh lebih baik.

IE9 Lebih Bersih dan Rapi
Secara tampilan awal, IE9 sedikit mirip dengan Google Chrome atau Opera dengan tab-tab awal yang dimilikinya. Selain itu IE9 pun dilengkapi download manager yang baru.


Tak seperti kebanyakan versi terdahulu yang penuh dengan opsi, tampilan IE9 kini lebih bersih. Hal ini karena bagian kolom URL berada sejajar dengan tab browser. Selain itu, IE9 memiliki notifikasi baru yang muncul di bagian bawah browser.

Layaknya Google Chrome, pengguna juga dapat langsung melakukan pencarian pada kolom URL IE9 saat toolbar Bing dinyalakan. Jika bosan, toolbar bisa diganti dengan situs pencari lain seperti Google misalnya.



Interface utama brower ini dinilai jauh lebih simpel. IE9 juga mendukung HTML 5 serta mampu memaksimalkan kartu grafis untuk menangani animasi atau gambar yang berat. IE 9 mampu membuat kartu grafis di PC melakukan render grafis dan animasi lebih cepat. Berikut adalah hasil test rendering grafis SVG performance. Rata-rata angka stabil di 59-60 fps.



Jika dibanding IE8 atau Firefox 3.6, IE9 memang lebih cepat. Berdasar test benchmark JavaScript oleh SunSpider, browser terbaru Microsoft ini berlari lebih cepat sekitar enam kali dibanding rivalnya Firefox 3.6. Mungkin calon penantang yang sebanding adalah Firefox 4.0 yang sebentar lagi hadir versi finalnya.

Pengguna pun disuguhi fitur keamanan terkini dengan Active X-Filtering yang bisa dinonaktifkan. IE9 juga memiliki fitur yang bakal memperingatkan pengguna jika beban add-ons memperlambat kecepatan browsing. Beberapa browser lain seperti Firefox belum mengembangkan lebih lanjut fitur seperti ini.


IE9 Terintegerasi Dengan Windows 7

Bagi pengguna Windows 7, IE9 merupakan pasangan serasi. Pasalnya beberapa fitur IE9 memang didesain bagi penggunaan Windows 7, seperti fitur aero peek contohnya.

Saat IE9 dipasang pada taskbar Windows 7, cukup dengan klik kanan pengguna langsung bisa mengakses situs-situs kesayangan mereka, ataupun melakukan In Private browsing.

Tak hanya itu, IE9 masih memiliki fitur lain bernama One box. Layaknya Google Chrome, dengan fitur ini pengguna IE9 bisa melakukan pencarian ataupun browsing dalam satu bar.

Secara default, IE9 menggunakan mesin pencari Bing. Namun pengguna tetap bisa menggantinya dengan situs pencari lain.



Lebih Aman dengan Tracking Protection

Microsoft menambahkan sebuah senjata baru pada browser Internet Explorer 9 (IE9) bernama Tracking Protection. Fitur ini menawarkan filter keamanan yang lebih pada pengguna, tanpa khawatir data-data pribadi mereka dilacak.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melakukan filterisasi halaman tertentu pada web site yang mungkin memiliki data-data privasi yang penting. Menurut Petter Cullen selaku Chief Privacy Strategist Microsoft, konsumen saat ini sudah dihadapkan pada kebutuhan privasi, terkait informasi yang mereka akses.

Generasi terbaru dari IE9 bakal lebih peduli terhadap permasalahan privasi informasi seperti di atas. Dengan "Tracking Protection", pengguna dapat mengelola informasi pada situs yang diakses dengan lebih aman.

IE9 sudah bisa diunduh melalui situs beautyoftheweb. Sayangnya, IE9 hanya tersedia untuk sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 saja sehingga user Windows XP tidak bisa.

Sumber: DetikInet
Semoga menjadi referensi dan bermanfaat.

Artikel Terkait:

11 Komentar

  1. Program Skripsi Informatika // 3:31 PM  

    Waw...bagud men, trims brow

  2. UII Fans // 1:14 PM  

    Artikel yang menarik..
    Makasih infonya..
    Salam...:)

    Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
    http://fis.uii.ac.id/

  3. xamthone plus // 3:51 PM  

    nice article....
    thanks ya...

  4. jelly gamat // 8:21 AM  

    waahh bagus juga tampilannya,,,

  5. xamthone plus // 10:31 AM  

    wah bgz jg ya sngt mnarik sekli....
    thnks ya bwt info'y

  6. DIABETES MELITUS // 1:43 PM  

    jadi nambah ilmu nih,,

    mksih ya buat info nya,,,

  7. INFEKSI SALURAN KEMIH // 2:40 PM  

    mungkin internet explorer tidak terlalu di minatii oleh pengguna internet,,,
    banyak aplikasi selain explorer...

    tapi internet explorer 9 cukup canggih,,

  8. obat alami // 1:09 PM  

    @infeksi saluran kemih: bner tuh gan...

  9. obat liver empedu // 12:36 PM  

    ok juga nih info nya
    hehe

  10. jelly gamat Gold G sea cucumber jelly // 10:29 PM  

    waahh sayang OS saya XP, tapi saya pengen nyoba tuh...

  11. Bonzita // 1:25 AM  

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.