Jeni - Berharap menjadi Amazon-nya Indonesia

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Oktober 29, 2008 | | 0 Komentar »

Pusat riset Java Education Network Indonesia (Jeni) diharapkan bisa menjelma semacam Amazon.com-nya Indonesia. Jual beli piranti lunak, terutama game, diharapkan terjadi di sana.

Demikian dikemukakan Gatot Hari Priowirjanto, Direktur South East Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (Seamolec). "Kami punya mimpi menjadikan Jeni ini sebagai Amazon-nya Indonesia. Dari negara mana pun tinggal klik bisa membeli," ujarnya.


Gatot berharap demikian usai meresmikan Jeni Asean Research Center di Gedung Seamolec, Kampus Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang, Banten, Selasa (28/10/2008).

Sementara, Harry Kaligis, Busines Development & Community General Manager, Sun Microsystems Indonesia, pun mengungkapkan hal yang sama. Saat ini, aplikasi yang bisa dijual di Jeni adalah aplikasi game edukasi.

Beberapa game edukasi yang telah dikembangkan mencakup pelajaran matematika, fisika dan kimia. Misalnya, game Helimath, di mana pemain bisa memainkan game helikopter sambil belajar matematika. Selain itu ada juga game Molecular yang mengajarkan struktur kimia.

Gatot mengatakan, beberapa aplikasi yang dikembangkan Jeni sudah 'ditawar' beberapa operator telekomunikasi untuk dijadikan konten jualan. Saat ini perjanjian dengan operator sedang dalam proses.

Setiap tahun, Gatot mengharapkan Jeni bisa menghasilkan 1000 game. Selama periode 2008 hingga 2010, tuturnya, secara umum Jeni diharapkan bisa menghasilkan 18.000 aplikasi.

Saat ini, ujar Gatot, belum ada niat untuk memasukkan Jeni ke dalam kurikulum sekolah. Di beberapa SMK dan SMA menurutnya sudah menjadikan hal ini sebagai ekstrakurikuler. Sedangkan di bangku kuliah, ujar Gatot, Java sudah masuk kurikulum untuk jurusan tertentu.

Artikel Terkait:

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.