Cloud - Sistem Operasi Masa Depan

Oleh Nanang Suryana | Minggu, Januari 10, 2010 | , , | 4 Komentar »

Sistem operasi desktop seperti Windows 7 memang masih menguasai pasar operating system (OS) saat ini. Kekuasaanya yang bertahan lebih dari satu dasawarsa tersebut, diprediksi akan terus tergerus dan akan digantikan dengan teknologi OS yang baru.

Beberapa pengamat melihat, sistem operasi desktop akan segera tergantikan di masa depan, lalu akan segera beralih ke OS yang berbasis cloud computing. Maksudnya adalah, semua sistem operasi dan aplikasi dapat berjalan dengan menggunakan internet, atau yang dikenal komputasi awan (cloud computing).

Banyaknya aplikasi yang tersedia Facebook dan Google, sebenarnya secara tidak langsung merupakan basis dasar dari platform cloud tersebut, dimana setiap data yang menggunakan aplikasi tersebut, tidak disimpan di dalam desktop, tapi seolah-olah dari internet tersebut.


Google sendiri berdasarkan desas-desus akan mengelurkan Chrome OS, sebuah sistem operasi yang berbasis cloud computing. Selain itu, untuk awalan yang lain Google juga meluncurkan App Engine untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis komputasi awan pada April 2008. Menurut rakasas internet itu, App Engine sangat membantu pengembang dalam menciptakan peranti lunak dengan cepat yang mengandalkan kekuatan infrastrutuktur Google.

Kendati demikian, tidak bisa memprediksi kapan sistem operasi cloud ini benar-benar bisa dikembangkan secara serius, sehingga OS desktop akan mulai ditinggalkan secara keseluruhan

Sumber: Berbagai Sumber


Artikel Terkait:

4 Komentar

  1. DuniaPiyen // 5:23 PM  

    sepertinya butuh akses internet super cepat.. biar lancar..

  2. kartiko // 6:29 PM  

    koneksi internet bs cm 1GB/sec kali ya untuk semua wilayah...hehehe kpn yah???

  3. Seti@wan Dirgant@Ra // 6:35 PM  

    Dunia komputer berubah setiap saat, dan saya selalu mendapatkan informasi baru disini.
    makasih banyak mas.

  4. AL Hijr Adwitiya // 6:07 PM  

    Wah..Subhanallah.., Luar Biasa Perkembangan ini,, semoaga dengan hadirnya CLOUD OS ini bisa mempermudah..., sungguh menarik infonya
    trims

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.