Google Buzz Pesaing Facebook dan Twitter

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Februari 11, 2010 | , , | 4 Komentar »

Hari ini Google resmi mengaktifkan aplikasi Google Buzz pada layanan email Gmail. Hal tersebut terlihat pertama kali saya masuk ke akun Gmail dan terdapat halaman yang memberitahu fasilitas tersebut.

Google Buzz ini dibuat untuk menyaingi popularitas situs jejaring sosial populer saat ini, Facebook dan Twitter.

Google Buzz memungkinkan user update status, berbagi link web ataupun foto dengan rekannya langsung melalui layanan e-mail Google, Gmail. Fitur ini juga kompatibel bagi perangkat mobile berbasis Android. Bahkan akan ada aplikasi khusus Buzz untuk sistem operasi Symbian dan Windows Mobile.


Memang, teknologi Google Buzz mirip-mirip dengan fitur kunci di Facebook atau Twitter. Harapan Google tentu saja agar kian banyak user menggunakan Gmail dan menarik para pemakai Facebook dan Twitter.

Dipilihnya Gmail karena Gmail adalah layanan e-mail terpopuler nomor tiga dunia setelah Windows Live Hotmail dan Yahoo Mail.

Banyak fitur Google Buzz berpotensi menggoda user internet. Misalnya pesan status yang dipublikasikan, secara otomatis diindeks dan tersedia dalam hasil pencarian real time Google. Konten juga bisa di-share secara mudah di berbagai produk online Google seperti Picasa dan YouTube.

Konten pihak ketiga seperti Twitter dapat pula dibagi meski user tak bisa mempublikasikan pesan di Twitter. Namun sayangnya, Buzz belum bisa menampilkan pesan yang berasal dari Facebook.

Google sebelumnya sudah coba berkiprah di layanan jejaring sosial, misalnya dengan situs jejaring Orkut. Namun Orkut gagal bersinar jika dibandingkan dengan Facebook. Namun siapa tahu peruntungan mereka bakal berubah dengan Google Buzz.

Silahkan mencoba Google Buzz. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:

4 Komentar

  1. GADO GADO // 12:13 PM  

    bakal jadi singgahan nih.. kalau Facebook udah gak trend.. Jadi maen twitter sama GB deh.. Hehe..

    Nice info.. Thx

  2. Mang uDUNG // 6:46 PM  

    kalau saya tidak begitu optimis dengan layanan google buzz ini, kalau momentnya engga pas, jangan-jangan nasibnya mirip dengan orkut (besutan google juga) belum lagi dengan Google Wave yang notabene sampai hari ini daftarnya harus di invite. issu facebook akan meluncurkan layanan email nya gimana ?

  3. Nanang // 7:24 PM  

    @to: Mang uDUNG
    Semuanya tergantung Google sendiri, sepertinya yang dulu-dulu gak begitu diurus.

  4. azul // 8:56 AM  

    Saya merasa biasa-biasa saja dengan buzz nya google,karena hanya menyatukan post status biasa seperti kebanyakan microblogging.

    Buzz mungkin bukan ditujukan untuk bersaing dengan microblogging yang sudah populer tapi hanya menambah fitur gmail saja.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.