Aplikasi mobile di dunia terus tumbuh. Berbagai sumber memprediksi aplikasi mobile penting pada tahun 2012. Berfokus pada perangkat high-end (canggih) dengan harga jual rata-rata lebih dari $300, analis telah mengidentifikasi sepuluh teknologi terdepan dan tren untuk 2012.

LBS (Location-Based Services)

Layanan aplikasi berdasarkan lokasi merupakan salah satu komponen utama yang memberikan layanan kepada pengguna. Berdasarkan analis, pengguna total layanan berbasis lokasi ini mencapai 1,4 miliar pengguna pada tahun 2014.

Jaringan Sosial (Social Networking)

Jaringan sosial via mobile mengalami pertumbuhan tercepat kategori aplikasi mobile. Platform jaringan sosial mengalamai peningkatan besar dilihat dari penggunaan trafik jaringan. Layanan jaringan sosial ini menjadi portal, hub transit dan penyimpanan awan untuk trafik pesan/e-mail, video, foto, permainan dan perdagangan. Situs sosial global akan didorong menuju penyediaan layanan dalam kemitraan dengan pihak ketiga yang menggunakan API terbuka, dan cenderung berkembang untuk berperan sebagai penyedia infrastruktur serta bertindak sebagai gudang data serta menyediakan data pengguna untuk akses konsumen menuju produk tertentu.

Mobile Search

Mesin cari biasanya berhubungan dengan pencarian produk untuk memungkinkan perbandingan harga atau untuk memeriksa informasi produk. Untuk membawa pencarian mobile ke tingkat berikutnya, app akan memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan berdasarkan pada hasil, seperti membuat panggilan atau reservasi, membeli tiket, menempatkan pesanan, dan sebagainya.

Mobile Commerce

Saat ini, mobile commerce merupakan perpanjangan dari e-commerce, namun dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih efisien. Namun kedepannya, para analis mengharapkan munculnya fungsi unik mobile, seperti kemampuan untuk "check in" ke toko untuk memberitahu pedagang bahwa Anda berada di sana, atau kemampuan untuk menambahkan item ke keranjang belanja hanya dengan mengambil foto dari item atau kode bar di toko fisik.

Mobile Payment

Dalam rangka untuk meningkatkan layanan ke konsumen, pembayaran online merupakan kebutuhan penting untuk memudahkan konsumen. Mereka juga perlu meningkatkan kesadaran pengguna, memperluas cakupan layanan dan meningkatkan keamanan transaksi.

Aplikasi Kesadaran Terhadap Kebutuhan

Aplikasi berdasarkan kebutuhan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan menggunakan informasi tentang minat seseorang, niat, sejarah, lingkungan, kegiatan, jadwal, prioritas, koneksi dan preferensi untuk mengantisipasi kebutuhan mereka dan secara proaktif melayani sampai konten yang paling tepat, produk atau jasa. Operator seluler, bersama dengan produsen handset, harus menyediakan layanan lokal yang diperluas untuk mencakup, antara lain, bantuan direktori, pemetaan, iklan dan kontrol privasi.

Obyek Pengakuan

Perangkat high-end memiliki sensor meningkat dan kemampuan pemrosesan yang memungkinkan aplikasi canggih untuk mengenali lingkungan pengguna, termasuk objek tertentu yang menarik. Hal tersebut akan mekin mengalami peningkatan untuk penyediaan antarmuka yang makin mudah.

Pesan Instan Mobile (Mobile Instant Messaging)

Aplikasi pesan instan akan makin berkembang pada tahun 2012, berikut tambahan fitur-fitur layannya yang makin banyak dan menarik.

Email Seluler

Smartphone mendorong peningkatan mobile e-mail melalui serangkaian perangkat tambahan teknologi yang menghadirkan layanan e-mail.

Mobile Video

Ponsel dengan layar lebih besar dan tablet media yang menawarkan platform yang ideal untuk konsumsi video dan dengan edukasi ke konsumen, analisis percaya bahwa operator dan penyedia konten akan mampu mendorong penggunaan mobile video dalam beberapa tahun mendatang.


Membuat Sebuah Aplikasi Menarik


Apa yang membuat sebuah aplikasi menarik? Aplikasi menarik dan baik adalah bukan hanya di download saja, akan tapi akan terus dipergunakan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hanya sekitar satu dari empat aplikasi mobile berhasil menarik pengguna.

Semoga bermanfaat bagi para pengembang dan pengguna aplikasi mobile.
Sumber: sentersix.com

Artikel Terkait:

16 Komentar

  1. affiliasi gratis 100% // 11:08 AM  

    semoga gatget2 di tahun 2012 makin terjangkau

  2. dede // 12:43 PM  

    i like post!!!
    :)

  3. Obat tradisional asam urat // 9:45 AM  

    wisss,,,,,,,mantap mass.........

    semoga bisa terpenuhi ya aplikasi yg dibutuhkan saat ini,,,,,

  4. Obat herbal xamthone plus // 9:45 AM  

    nice info massssss,,,,,,,,,

    sangat bagus dan sangat menarik pembahasannya,,,

  5. obat herbal tipes // 10:08 AM  

    terimakasih infonya

  6. solusi tepat mengatasi kulit keriput // 2:26 PM  

    thank atas informasinya...

  7. Cara Alami Mengobati Tipes // 10:22 AM  

    makasih infonya

  8. Cara Alami Mengobati Maag Kronis // 10:27 AM  

    semoga sukses selalu

  9. Cara Alami Mengobati Radang Telinga // 10:32 AM  

    Salam kenal dan sukses selalu

  10. Cara Alami Mengobati Luka Bekas Operasi // 10:38 AM  

    infonya sangat bermanfaat sekali

  11. Obat Tradisional Penyakit Patah Tulang // 10:43 AM  

    thank's infonya

  12. Obat Tradisional Penyakit Kanker Serviks // 10:47 AM  

    Ikut gabung sisni ea

  13. Obat Tradisional Penyakit Nyeri Sendi // 10:52 AM  

    sukses terus ea

  14. Obat Tradisional Penyakit Gagal Ginjal // 10:56 AM  

    jangan lupa mampir balik ya gan

  15. Cara Mengobati Penyakit Cacar Air // 4:39 PM  

    infonya bagus, thanks ya..

  16. obat herbal // 8:02 AM  

    wah banyak juga aplikkasinya gan, jadi pengen punya HP mobile ini :)

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.