Alexa: Analisis Pencarian

Oleh Nanang Suryana | Senin, Februari 15, 2010 | | 1 Komentar »

Ketika kita mencari sesuatu di internet, baik melalui mesin pencari seperti Google atau mesin pencarian lainnya, kadang isi pencarian kurang jelas, misalkan pencarian "pembuat kopi Italia" bisa menunjukkan kita ingin membeli kompor pembuat Espresso, atau bahwa kita sedang mencari petunjuk tentang cara untuk menyeduh kopi gaya Italia, atau bahkan mencoba mencari kedai kopi Italia. Mesin pencari paling modern, melakukan pekerjaan yang cukup baik menebak apa yang kita harapkan. Hal inilah menjadi hal yang sangat penting bagi mesin pencari.

Jika Anda memiliki situs web, Anda tentu ingin situs Anda dipertimbangkan di antara yang paling relevan untuk pencarian yang berlaku untuk situs Anda. Tapi apa yang terbaik untuk mengoptimalkan untuk pencarian? Sangat mudah untuk menghasilkan daftar pendek istilah-istilah yang kelihatannya penting, tetapi orang benar-benar mencari istilah-istilah tersebut. Analisis situs Anda akan memberi tahu Anda istilah yang datang ke website Anda melalui berbagai search engine.

Dari kasus di atas Alexa Search Analytics memberi solusi untuk menganalisis website Anda.


Ada tiga bagian data yang Alexa Search Analytics sajikan: Trafik Pencarian, Top Keywords dari Trafik Pencarian, dan Pencarian Bersyarat dengan peringkat tertinggi website.

1. Trafik Pencarian

Trafik Pencarian adalah perkiraan persentase kunjungan ke situs yang berasal dari mesin pencari. Tujuan dari sebagian besar Search Engine Optimization (SEO) ini adalah untuk meningkatkan kualitas persentase lalu lintas ke situs yang berasal dari mesin pencari, dan Trafik Pencarian menunjukkan bagaimana ini bekerja. Pada contoh di bawah ini, angka-angka tersebut stabil pada 1 dari 3 datang dari search engine.

Apa grafik ini mengatakan tentang pesaing Anda? Angka kenaikan, menunjukkan bahwa pesaing Anda baru-baru ini meluncurkan sebuah inisiatif SEO yang sukses? Bagaimana upaya SEO membandingkan mereka dengan Anda?

2. Top Keywords
Top Keywords adalah kata kunci dan frase kata kunci untuk mengarahkan trafik yang paling sering ke situs. Dalam contoh, top 10 account frase kata kunci kurang dari 3,5% dari total lalu lintas mesin pencari, yang berarti bahwa situs ini dioptimalkan untuk berbagai macam frase. Ini bagus, karena semakin banyak tahapan mesin pencari menganggap Anda relevan, semakin banyak potensi trafik orang pergi ke situs Anda.

Apa analisis situs Anda tentang kata kunci anda? Apa yang kita katakan tentang pesaing Anda? Apakah mereka memiliki berbagai istilah yang lebih luas yang mengarah ke situs mereka? Jika demikian, Anda mungkin mulai berpikir tentang cara-cara untuk meningkatkan SEO Anda.

3. Pencarian Bersyarat

Pencarian Bersyarat dengan Pemisahan Trafik Tertinggi adalah istilah kata kunci dan frase yang jumlahnya signifikan mendorong trafik ke sebuah situs. Hal ini berbeda dari Top Keywords, karena daftar ini memperhitungkan seberapa populer istilah/keyword itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan menjadi referensi.
Sumber: Blog Alexa

Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Yhya // 4:07 PM  

    nice info.. thx ya..

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.