YouTube Ulang Tahun 14 Februari

Oleh Nanang Suryana | Senin, Februari 15, 2010 | | 2 Komentar »

Tepat pada Minggu 14 Februari 2010, YouTube genap 5 tahun mendaftarkan nama domain YouTube ke hak cipta. Sejak didirikan tahun 2005, kini YouTube telah melayani lebih dari 1 miliar video perhari.

YouTube tidak mau berhenti memberikan pelayanannya kepada penggunanya. Termasuk memberikan kemudahan dalam mengunggah video, hingga memaksimalkan tampilan video dengan aplikasi Flash bahkan akan mendukung teknologi HTML 5.

Tiga pemuda yang terdiri dari Steve Shih Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley bertemu di sebuah perusahaan yang sama untuk akhirnya menyatukan pikiran untuk menghadirkan YouTube. Berkat hasil obrolan antara Steve Chen dan Chad Hurley di sebuah pesta malam video perdana di YouTube berhasil mereka tayangkan, yang kala itu mengangkat tema mengenai gajah.


Lebih dari setahun setelah kemunculan YouTube di dunia maya, situs ini melejit dengan sangat cepat, sehingga tidak mengherankan kalau banyak perusahaan yang kepincut dengan karya anak muda ini. Dari sekian perusahaan yang mengajukan tawaran, akhirnya Google yang berhasil memboyong YouTube dalam perusahaannya.

Dengan nilai kontrak senilai USD1,65 miliar atau sekira Rp16,9 triliun pada Oktober 2006, akhirnya kepemilikan YouTube pun berpindah tangan ke mesin pencari ternama di dunia, Google. Hingga sekarang, YouTube belum tergeserkan sebagai situs video online paling populer.

Pada bulan Oktober 2009, akuisisi Google terhadap YouTube telah menginjak tahun ketiga. Situs berbagi video ini dengan bangga mengumumkan kalau video-nya telah ditonton miliaran orang setiap harinya.

Selamat ulang tahun YouTube semoga selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk dunia.

Artikel Terkait:

2 Komentar

  1. simpanglima // 10:33 PM  

    sama dong kayak ultah blog ku... he..he..he.. http://simpanglima.wordpress.com/

  2. Nanang // 7:48 AM  

    @to: simpanglima
    Mantabs, jadi mudah mengingatnya.

Posting Komentar

Silahkan isi komentar. Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog/website Anda yang telah berkomentar.

Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.