Dukung Earth Hour Indonesia 2009

Oleh Nanang Suryana | Sabtu, Maret 28, 2009 | | 7 Komentar »

Hari ini sabtu tanggal 28 maret 2009 akan diadakan kampanye global untuk menekan pemanasan global dalam bentuk gerakan mematikan lampu sejenak selama 60 menit dari pukul 20.30 - 21.30. Jadi seluruh penduduk dunia yang masih memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan bumi dihimbau untuk melakukan pemadaman lampu dan alat elektronik lainnya, selama 60 menit.

Earth Hour tahun ini merupakan kali pertama diadakan dan jakarta dipilih menjadi kota pertama diadakannya kampanye global ini tetapi penduduk kota-kota lain di seluruh Indonesia boleh berpatisipasi karena ini bukan sekedar ikut-ikutan tapi demi memberikan bumi Indonesia untuk bernafas sejenak. Jika kampanye Earth Hour ini sukses dilakukan di Jakarta maka ada beberapa catatan yang didapat yaitu :

  • Mengurangi emisi sekitar 284 ton CO2
  • Menyelamatkan lebih dari 284 pohon
  • Menghasilkan O2 untuk lebih dari 568 orang
  • Mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta
  • Efisiensi 300MW, daya segini cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik
Untuk satu kota aja efeknya lumayan apalagi kalau diadakan di seluruh Indonesia. Menyelamatkan bumi tidak selalu harus dengan hal-hal yang besar atau yang belum sanggup kita lakukan tapi cukup dengan hal kecil seperti ini.

Mari Kita Dukung !

Selengkapnya...

Proteksi Alamat Email dengan reCAPTCHA

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Maret 24, 2009 | , , | 3 Komentar »

Banyak dari kita sering menaruh alamat email pribadi di blog/website, hal tersebut memungkinkan memberi kesempatan para spammer (yang menggunakan program otomatis/BOT) mudah mendapatkan alamat email kita untuk dikirimi email spam secara masal dan otomatis.

Tentunya email-email spam tersebut banyak yang tidak kita inginkan. Berikut ini adalah tips untuk mengurangi masalah tersebut. (Cara ini mungkin masih bisa ditembus jika pengirim spam tidak menggunakan program BOT untuk melihat email kita - atau kata lain mereka mendata email kita secara manual).


Dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh reCAPTCHA kita dapat memproteksi alamat email kita. Anda dapat memilih pada menu kiri untuk proteksi email. Langkahnya seperti gambar berikut.


Isi alamat email yang akan Anda proteksi. Kemudian klik Protect It!

Muncul halaman source html yang bisa Anda copy ke halaman blog/website Anda.

Gambar di atas contoh tampilan alamat email menggunakan script html yang kita dapat tadi.

Pengunjung yang ingin mengetahui alamat email lengkap Anda harus mengklik link pada alamat email tersebut, dan akan mucul jendela seperti di bawah ini.

Jika isian kata benar akan tampil alamat email Anda sesungguhnya.


Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Tombol Sakti Keyboard - PrtSc (Print Screen)

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 23, 2009 | , | 17 Komentar »

Tombol Print Screen keyboard mempunyai banyak penulisan label tergantung jenis keyboard Anda, berikut ini beberapa label tombol Print Screen: Print Screen SysRq, PrtSc SysRq, Prt Scr SysRq, dan mungkin masih ada lagi.

Yang membuat saya memberi judul tombol sakti adalah karena fungsi dari tombol tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengambil tampilan yang sedang aktif pada monitor Anda.


Tampilan-tampilan tersebut bisa dimbil dan disimpan dalam bentuk file gambar untuk berbagai keperluan seperti membuat tutorial, buku, artikel blog dan sebagainya. Mungkin banyak software yang digunakan untuk capture atau mengambil tampilan, tapi dengan tombol ini kita tidak perlu software khusus, tentunya tombol ini punya kemampuan terbatas tidak seperti software-software khusus.

Cara untuk ambil tampilan sangatlah mudah:
1. Aktifkan tampilan yang ingin Anda ambil.
2. Tekan tombol Print Screen.
3. Buka aplikasi MsPaint yang biasanya merupakan program bawaan Windows.
4. Klik menu Edit - Paste (Kemudian tampilan akan terkopi pada MsPaint).
5. Atur sesuai keinginan Anda lalu simpan sebagai file gambar (Contoh format JPEG).

Untuk langkah ke-3 Anda bisa juga langsung paste ke aplikasi lain seperti MsWord ataupun Adobe Photoshop.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Mempercantik Desktop dengan RocketDock

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 23, 2009 | , | 8 Komentar »

Mungkin banyak dari rekan-rekan yang telah menggunakan software RocketDock, berikut ini saya akan mencoba share untuk yang belum menggunakan dan ingin mencoba.

Sekilas tentang RocketDock
RocketDock merupakan program animasi interaktif untuk memudahkan membuka aplikasi. Selain fungsinya yang dapat untuk menempatkan icon-icon program aplikasi yang sering kita buka/inginkan juga menambah cantik tampilan desktop pc/laptop kita.





Fitur terbaru ditambah dukungan untuk menempatkan aplikasi yang diminimalkan layaknya Taskbar Windows. Hal ini memungkinkan untuk produktivitas yang lebih baik dan aksesibilitas.

Source Website: http://rocketdock.com/
Source Download: http://rocketdock.com/download

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Opera Software memiliki dukungan civitas kampus yang tergabung dalam payung Opera Campus Crew (OCC). Ternyata, massa terbesar OCC berasal dari Indonesia. Demikian dikatakan Zi Bin Cheah, Web Evangelist Opera Software.

"Jumlah anggota OCC di Indonesia sekitar 200 orang, dan tersebar di beberapa universitas," ujarnya. Universitas tersebut antara lain Universitas Gunadarma, Universitas Krisnadwipayana, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia dan lainnya.


Menurut Zi Bin, Opera dan anggota OCC dapat bekerja sama untuk saling menguntungkan. OCC dijadikan Opera sebagai tempat untuk berpromosi produk dan teknologinya, sementara anggota OCC bisa mendapatkan ilmu tambahan mengenai perkembangan teknologi termutakhir.

Selain itu, lanjutnya, jika beruntung anggota OCC juga bisa mendapatkan referensi untuk magang atau berkarir di kantor pusat Opera di Oslo, Norwegia.

Dijelaskan oleh Mega, salah satu anggota OCC dari Universitas Gunadarma, kegiatan OCC sering kali mengadakan pertemuan untuk membahas teknologi. Namun dikemas dengan fun alias tak terlalu serius.

Jika ingin bergabung Anda bisa coba mengunjungi Saung Opera Campus Crew Indonesia yang beralamat di http://my.opera.com/occ-indonesia.

Sumber: DetikInet

Selengkapnya...

Atasi Bad Sector pada Hard Disk

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 16, 2009 | , | 2 Komentar »

Jika bagian atau sektor tertentu pada hard disk ada yang rusak (bad sector), dan kerusakannya mengkhawatirkan, ada sebuah piranti yang dapat memberi tahu kalau sebaiknya kita bersiap untuk mengganti hard disk karena kemungkinan terjadi crash sangat besar.

Saran PCplus, ada baiknya coba perbaiki hard disk itu dulu. Siapa tahu masih bisa bekerja lagi. Maklum, sebagian besar hard disk yang beredar sekarang ini memiliki sektor cadangan, yang ditujukan untuk kondisi seperti ini. Kalau Anda bisa memanfaatkan sektor cadangan itu, Anda bisa menunda pembelian hard disk baru.


Kalau pakai Windows XP, jalankan MS-DOS Prompt. Ketikkan perintah “chkdsk /R” lalu tekan [Enter]. Perintah itu akan membuat Windows mencari posisi bad sector dan mengembalikan data atau informasi yang masih bisa dibaca.

Siapa tahu Anda masih pakai Windows 95, Windows 98, atau Windows Millenium, coba pakai Scandisk bawaan sistem operasi yang memiliki opsi untuk melakukan pemindaian sekalian perbaikan seadanya.

Cara barusan adalah tindakan cepat yang bisa Anda lakukan apabila Anda mencurigai hard disk punya bad sector. Kalau cara tadi tidak sukses, coba cara ini.

Pakai Utiliti
Anda bisa pakai peranti yang mampu menghilangkan logic bad sector dan memperbaikinya. Asal tahu saja, bad sector dibagi jadi dua: logic dan physic. Peranti itu membuat hard disk kembali bekerja dengan “menghapus” bad sector-nya.

Hard disk biasanya dipaketkan dengan suatu peranti lunak untuk fungsi manajemen sekaligus perbaikan. Misalnya, Maxtor dan Quantum punya MaxBlast, Samsung punya ClearHDD, Seagate punya Seagate Format, Western Digital punya Old DLG Diagnostic, dan Fujitsu punya FJ-IDE Drive Initializer Utility.

Anda tidak wajib pakai peranti lunak paketan. Anda bisa juga pakai peranti lain. Perbaikan hard disk yang dijelaskan pada artikel ini memakai SpinRite (www.grc.com). Peranti lunak buatan Gibson Research ini cukup baik buat mengatasi masalah bad sector pada hard disk. Versi terbaru peranti ini—versi 6,0.

SpinRite mendukung FAT, NTFS, Linux, Novell, drive dengan beberapa sistem operasi serta hard disk yang belum diformat. Cara menggunakannya mudah saja. Tinggal ikuti langkah-langkah ini.

1. Buat disket atau CD yang bisa boot. Buatnya di SpinRite. Klik [Create Boot Diskette], [Create ISO or Image File], atau [Install SpinRite on Drive]. Biar gampang, pilih bikin CD bootable. Asal tahu, SpinRite hanya berjalan dalam modus DOS.

2. Setelah file image sudah jadi, gunakan software pembakar CD, seperti Nero Burning ROM, untuk membuat CD. Restart komputer dan boot dengan CD yang barusan dibuat.

3. SpinRite punya 5 opsi atau level. Level yang kemungkinan besar Anda butuhkan adalah level 2 ataupun level 4. Tindakan di level 2 adalah pengembalian data, sedangkan level 4 adalah pemeliharaan drive dan analisis. Pilih saja tindakan yang ingin Anda lakukan.

4. Level apa pun yang Anda pilih, Anda akan diminta untuk memilih drive atau partisi yang ingin Anda periksa atau perbaiki. Setelah itu, lihat atau ubah opsi bagaimana SpinRite memeriksa hard disk Anda. Kalau sudah, lanjutkan dengan langkah selanjutnya, yakni menguji kinerja drive.

Proses pemeriksaan bisa berjalan beberapa jam, tergantung kapasitas dan kecepatan hard disk. Menurut informasi dari pembuatnya, kecepatan maksimal SpinRite adalah 120 GB per jam.

Namun, banyak hal yang memengaruhi kecepatan pemeriksaan itu, misalnya kerusakan hard disk, dukungan Ultra DMA, atau konfigurasi sistem. Untungnya, Anda bisa menghentikan proses pemeriksaan untuk dilanjutkan di lain waktu. Agar tidak perlu mengulang, catat saja posisi pemeriksaan ketika Anda menghentikan proses.

Kalau SpinRite mendeteksi perlunya perbaikan, SpinRite akan langsung bekerja di Level 4 untuk memperbaiki dan mengembalikan data. Level 4 kembali memakan waktu yang tidak sebentar. Hitungan waktu pengerjaan bisa dalam satuan jam bahkan hari, lagi-lagi tergantung kerusakan.

SpinRite punya screen saver yang aktif ketika SpinRite sedang bekerja. Anda bisa pula menampilkan jalannya proses yang sedang berlangsung. Jika hard disk Anda mendukung fitur pembacaan suhu, SpinRite akan melaporkan informasi suhu hard disk. Temperatur hard disk akan naik terus saat SpinRite memperbaiki data Anda.

Ketika bekerja, SpinRite juga memiliki opsi untuk melihat lebih dekat proses perbaikan yang berlangsung. Opsi tersebut namanya adalah “DynaStat Data Recovery”.

Jika hard disk masih rusak setelah diperbaiki dengan peranti seperti SpinRite, barangkali memang sudah waktunya Anda mengganti hard disk baru.

Semoga bermanfaat.
Sumber: PCplus

Selengkapnya...

Modifikasi Kido Makin Canggih

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 16, 2009 | , | 0 Komentar »

Kaspersky Lab, sebuah pengembang sistem keamanan konten manajemen, mendeteksi sebuah modifikasi baru dari malware Kido atau juga disebut Conficker. Varian terbaru ini berbeda dari yang sebelumnya karena ia menambah fungsi Trojan yang ada pada versi program berbahaya yang sebelumnya.

Net-Worm.Win32.Kido.ip, Net-Worm.Win32.Kido.iq, dan varian lainnya adalah bentuk modifikasi terbaru dari Kido yang dapat mencegah fungsi produk antivirus pada komputer yang terinfeksi. Varian baru dari program berbahaya ini juga mengunduh update harian sebanyak 50.000. Padahal, versi sebelumnya hanya 250 kali. Kaspersky Lab telah memasukkannya ke dalam daftar virus baru sejak 7 Maret.


Kido yang merupakan menyerang sebagai worm juga memiliki fungsi pengunduh Trojan, yang berarti ia mengirimkan program berbahaya untuk menginfeksi komputer. Bahkan serangan ini juga menempatkan bootnet, semacam vampir yang menetap di komputer dan siap diperintah dari jarak jauh untuk melakukan apa saja.

Selain melakukan update antivirus, Kaspersky Lab menganjurkan agar semua pengguna meng-install update keamanan sistem operasi Windows (http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx). Sebuah solusi antivirus dengan database yang up-to-date dan sebuah firewall yang benar dapat mencegah infeksi. Pengguna produk antivirus Kaspersky Lab yang telah meng-install update keamanan yang dikeluarkan oleh Microsoft sudah terlindung dari Kido.

Infeksi Kido pertama terdeteksi pada bulan November 2008 dan telah menyebar hingga jutaan komputer di seluruh dunia dalam waktu beberapa bulan dengan puluhan ribu di antaranya di Indonesia. Penyebarannya sangat cepat melalui jaringan intranet sehingga membuatnya sulit dicegah penyebarannya.

Saat ini serangan Kido menempati urutan teratas dalam daftar serangan komputer di Indonesia. Laporan terakhir yang dirilis Kaspersky, selama seminggu dari 26 Februari hingga 5 Maret 2009, serangan Kido dilaporkan sebesar 23,96 persen.

Sumber: Kompas

Selengkapnya...

Rilis Beta Firefox Loncat dari 3.1 ke Versi 3.5

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 16, 2009 | , | 1 Komentar »

Apakah Anda sudah mencoba RC2 dari Firefox 3.1 Beta 3? Berukuran 17MB dan stabil berjalan di Mac dan Windows, rilis Beta 3 boleh-boleh saja Anda gunakan untuk test drive teknologi terbaru Mozilla. Beta 3 ini kebanyakan merupakan rilis bug-fix.

Kabar terakhir dari Mozilla Developer Center, setelah rilis Beta 3 ini Firefox 3.1 akan dinamai Firefox 3.5. Segera dihadirkan versi final dari Beta 3 tersebut. Beta 3 final ini kelak dijanjikan akan menampilkan penanganan video online, update software, kompatibilitas add-on dan kinerja yang lebih baik.


Sebenarnya Firefox 3.1 Beta 3 dijadwalkan akan dirilis 10 Maret lalu. Namun jadwal Mozilla ternyata meleset. Beta 4-nya dijadwalkan hadir 14 April. Kemungkinan besar jadwal itu juga tidak akan dipenuhi mengingat saat ini nyaris 100 bug masih menghantui produk tersebut, dan tiga di antaranya merupakan bug serius yang dikategorikan sebagai Priority 1 Blockers.

Selengkapnya...

Layanan Google Docs Bermasalah

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Maret 11, 2009 | , | 5 Komentar »

Google mengeluarkan pernyataan, kalau salah satu layanannya yang bernama, Docs, beberapa waktu lalu terdapat bug di beberapa dokumen milik penggunanya.

Menurut layanan internet terbesar itu, masalah yang terjadi pada akhir pekan lalu tidak terlalu berdampak signifikan. Sebab, menurut mereka hanya, 0,5 persen di dokumen digital yang ada di Google, yang mempunyai celah tersebut.

"Kami terus melakukan investigasi atas kejadian ini. Namun yang jelas, dokumen yang berlubang itu sifatnya kecil. Dan celah itu sendiri telah kami patch," kata Jennifer Mazzon, Docs Product Manager dalam pesan elektroniknya, yang dikutip AFP, Selasa (10/3/2009).


"Kami mohon maaf atas kejadian ini. Kedepannya, Google akan melakukan perhatian yang sangat serius," sambungnya.

Yang jelas, masalah yang terjadi ini bukan sekali saja menimpa Google. Sebelumnya, layanan email Google, Gmail, juga pernah mengalami crash. Akibat kejadian itu, pengguna Gmail dari segala penjuru dunia, tidak bisa mengakses layanan pesan elektronik itu.

Google Docs sendiri adalah salah satu layanan yang dimiliki oleh Google, yang mana membuat file microsoft office secara online ataupun pengguna bisa mengunggahnya secara offline, tanpa harus membeli lisensi dari Microsoft.

Selengkapnya...

Tips Menjadi Twitters Sejati

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Maret 11, 2009 | , , | 2 Komentar »

Seiring dengan makin banyaknya pengguna Twitter, tidak jarang ruangan Twitter atau Twittersphere semakin rancau. Ada yang baik, tidak jarang pula yang buruk. Agar tidak terjebak dalam situasi yang tidak nyaman, berikut sejumlah tips menjadi pengguna Twitter yang baik.

1. Be your self. Namun tetap berhati-hati. Ungkapkanlah secara jujur apa yang ingin diungkapkan. Namun, yang mesti diingat adalah, tulisan Anda akan dibaca oleh seluruh jagad maya. Maka, perlu sikap berhati-hati dalam menulis.


2. Jangan pernah takut berinteraksi dengan orang lain. Layanan ini menghubungkan Anda dengan orang lain, karena bisa saja tulisan Anda menjadi informasi buat mereka, begitu juga sebaliknya. Bisa jadi, mikroblogging ini berlanjut ke layanan jejaring sosial.

3. Ikuti selebritis. Mereka mungkin tidak pernah berinteraksi dengan Anda, namun setidaknya Anda dapat berinteraksi dengan mereka.

4. Gunakan Twitter pada desktop Anda. Tujuannya adalah, untuk mempermudah Anda untuk melakukan update dengan cepat.

5. Cepat menemukan teman-teman. Jika Anda mencari teman baru, Anda bisa menggunakan search.twitter.com. Semakin banyak teman yang Anda kenal, semakin bagus bukan?

6. Ikuti pejabat pemerintah. Mungkin saja, Anda bisa mendapatkan informasi yang terbaru yang dilontarkan oleh si pejabat tersebut.

7. Ikuti dan baca peraturan dengan baik. Ini penting agar Anda, tidak menjadi akun yang dianggap melanggar oleh pengelola situs tersebut.

Semoga bermanfaat.
Sumber: OkeZone

Selengkapnya...

100 Malware Paling Ganas awal bulan maret 2009

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Maret 11, 2009 | , | 1 Komentar »

Jumlah malware yang tersebar di ranah internet mungkin tak terhingga. Namun sedikitnya ada seratus yang sedang gencar-gencarnya menyerang komputer pengguna di Tanah Air.

Berikut ini adalah daftar nama-nama malware Top 100 yang beredar di Indonesia sejak 26 Februari-5 Maret 2009, menurut laporan dari Kaspersky Lab.


Nama malware (Hits)
  1. Net-Worm.Win32.Kido.ih (23.9615%)
  2. Trojan-Dropper.Win32.Mutant.a (23.4388%)
  3. HEUR:Trojan.Win32.Generic (8.9684%)
  4. Heur.Win32.Trojan.Generic (7.5653%)
  5. Heur.Win32.Invader (2.4484%)
  6. HEUR:Trojan-Downloader.Win32.Generic (2.0083%)
  7. Net-Worm.Win32.Kido.eo (1.8432%)
  8. Packed.Win32.Black.a (1.8157%)
  9. Trojan-Proxy.Win32.Agent.mf (1.7882%)
  10. Trojan-Downloader.Win32.Small.aacq (1.6781%)
  11. Trojan.Win32.Agent.bsdh (1.5681%)
  12. Trojan.Win32.Monder.gen (1.4856%)
  13. Packed.Win32.Tdss.f (0.7703%)
  14. Net-Worm.Win32.Kido.ef (0.6878%)
  15. Net-Worm.Win32.Kido.t (0.6878%)
  16. Trojan-Downloader.Win32.Agent.ahyl (0.6602%)
  17. Backdoor.Win32.Inject.mw (0.6327%)
  18. Net-Worm.Win32.Kido.du (0.6327%)
  19. Trojan-Spy.Win32.Agent.abre (0.6052%)
  20. Packed.Win32.Katusha.a (0.5227%)
  21. Trojan-Downloader.Win32.Agent.adch (0.4952%)
  22. HEUR:Trojan.Win32.Invader (0.4677%)
  23. Trojan-Downloader.Win32.FraudLoad.dpz (0.4677%)
  24. Trojan-Downloader.Win32.Injecter.cco (0.4127%)
  25. Trojan.Win32.Obfuscated.gen (0.3851%)
  26. Backdoor.Win32.IRCBot.htv (0.3851%)
  27. Trojan-Dropper.Win32.Agent.bvn (0.3576%)
  28. HEUR:Virus.Win32.Generic (0.3576%)
  29. Virus.Win32.Sality.aa (0.3576%)
  30. Multi.Win32.Packed (0.3301%)
  31. Trojan-Downloader.Win32.Agent.bjhd (0.3026%)
  32. HEUR:Backdoor.Win32.Generic (0.2751%)
  33. Suspicious.Win32.Packer (0.2751%)
  34. Trojan.Win32.BHO.nby (0.2751%)
  35. Trojan-Downloader.Win32.Injecter.cjb (0.2476%)
  36. not-a-virus:AdWare.Win32.Shopper.ar (0.2476%)
  37. Trojan-Dropper.Win32.Agent.aihn (0.2201%)
  38. Trojan-Dropper.Win32.Agent.zje (0.2201%)
  39. Virus.Win32.VB.ki (0.1926%)
  40. Trojan-PSW.Win32.Agent.lta (0.1926%)
  41. not-a-virus:AdWare.Win32.Thingies (0.1926%)
  42. Trojan-GameThief.Win32.WOW.fwj (0.1926%)
  43. Trojan.Win32.Buzus.annp (0.1926%)
  44. Trojan.Win32.Obfuscated.whl (0.1926%)
  45. not-a-virus:AdWare.Win32.180Solutions.bj (0.1651%)
  46. not-a-virus:AdWare.Win32.Relevant.n (0.1651%)
  47. not-a-virus:FraudTool.Win32.SystemSecurity.cc (0.1651%)
  48. not-a-virus:AdWare.Win32.BHO.fav (0.1651%)
  49. Trojan-Downloader.Win32.Agent.bjdl (0.1376%)
  50. Trojan.Win32.Buzus.anmg (0.1376%)
  51. Hoax.MSIL.BadJoke.Agent.s (0.1376%)
  52. Virus.Win32.Virut.ce (0.1376%)
  53. Trojan-Downloader.Win32.Tiny.byt (0.1376%)
  54. Heur.Win32.Downloader (0.1376%)
  55. Net-Worm.Win32.Kido.dam.y (0.1376%)
  56. Trojan-GameThief.Win32.OnLineGames.ukpq (0.11%)
  57. Trojan-Dropper.Win32.Small.ayg (0.11%)
  58. P2P-Worm.Win32.Agent.to (0.11%)
  59. Net-Worm.Win32.Kido.cy (0.11%)
  60. Trojan-Spy.Win32.Ardamax.n (0.11%)
  61. not-a-virus:AdWare.Win32.Agent.kyd (0.11%)
  62. Trojan-Dropper.Win32.Agent.aihl (0.11%)
  63. Backdoor.Win32.Small.hma (0.11%)
  64. Backdoor.Win32.Poison.unh (0.11%)
  65. Virus.Win32.Parite.b (0.11%)
  66. Exploit.Win32.DCom.ad (0.11%)
  67. Backdoor.Win32.Poison.upb (0.0825%)
  68. IM-Worm.Win32.Sohanad.gen (0.0825%)
  69. Virus.Win32.Sality.z (0.0825%)
  70. Trojan.Win32.Agent.bsyg (0.0825%)
  71. Trojan-Downloader.Win32.Agent.beev (0.0825%)
  72. not-a-virus:AdWare.Win32.OneStep.z (0.0825%)
  73. Virus.Win32.Alman.b (0.0825%)
  74. Backdoor.Win32.DSNX.03 (0.0825%)
  75. Trojan.Win32.Buzus.anox (0.0825%)
  76. Trojan.Win32.Agent.bsyh (0.0825%)
  77. HackTool.MSIL.KKFinder.q (0.0825%)
  78. Trojan-PSW.Win32.Delf.fg (0.0825%)
  79. Backdoor.Win32.IRCBot.hvt (0.0825%)
  80. not-a-virus:FraudTool.Win32.SpyNoMore.g (0.0825%)
  81. Backdoor.Win32.IrcContact.30 (0.055%)
  82. Net-Worm.Win32.Kido.hi (0.055%)
  83. Trojan.Win32.Buzus.ansx (0.055%)
  84. Trojan-Downloader.Win32.Agent.bjpn (0.055%)
  85. Trojan-Spy.Win32.Ardamax.t (0.055%)
  86. P2P-Worm.Win32.Bacteraloh.h (0.055%)
  87. Trojan.Win32.VB.aad (0.055%)
  88. Trojan-Downloader.Win32.FraudLoad.vluf (0.055%)
  89. Trojan.Win32.Agent.bsyi (0.055%)
  90. not-a-virus:AdWare.Win32.EShoper.bi (0.055%)
  91. Trojan.Win32.Autoit.bk (0.055%)
  92. Trojan.Win32.Agent.bsfc (0.055%)
  93. Backdoor.Win32.Turkojan.clw (0.055%)
  94. Trojan.Win32.Agent2.eon (0.055%)
  95. Worm.Win32.AutoRun.fdl (0.055%)
  96. not-a-virus:AdWare.Win32.Mostofate.ci (0.055%)
  97. not-a-virus:AdWare.Win32.Agent.nn (0.055%)
  98. Trojan-DDoS.Win32.Small.y (0.055%)
  99. Trojan.Win32.Obfuscated.aaw (0.055%)
  100. Trojan-Downloader.Win32.Agent.bizd (0.055%)

Sumber: DetikInet

Selengkapnya...

Mendulang uang dengan adsensecamp

Oleh Nanang Suryana | Rabu, Maret 11, 2009 | , | 10 Komentar »

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi tips untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet menggunakan media blog.

Alasan kenapa melalui media blog adalah kita bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang ada untuk mencari uang. Sebenarnya sudah banyak yang memanfaatkan media blog untuk mencari uang, berikut ini saya mencoba berbagi dengan rekan-rekan yang mungkin belum pernah mencobanya dan ingin mencoba mencari penghasilan tambahan di internet.


Secara garis besar langkah-langkahnya adalah:
  1. Buatlah account email, bisa daftar pada layanan email gratis seperti yahoo dan gmail.
  2. Buatlah blog, rekan-rekan bisa mendaftar kelayanan penyedia blog gratis seperti blogger.com
  3. Setelah mempunyai blog langkah selanjutnya daftar ke situs penyedia layanan iklan (adsense). Pada artikel ini saya mencoba memberi contoh layanan adsense Indonesia.
    Daftarlah di adsensecamp.
  4. Setelah rekan-rekan sukses mendaftar pada adsense Indonesia tersebut masukkan script iklan sesuai ukuran yang dipilih dan masukkan ke dalam blog.
  5. Jika sudah selesai rekan-rekan bisa melihat hasil dari tampilan blog yang telah dilengkapi dengan iklan.
  6. Tips: Sering update blog, suka blogwalking dan kabarkan informasi berguna ke rekan-rekan yang lainnya
Pentunjuk detail bagi pemilik web/blog:
Pemilik web adalah penyedia ruang pada website yang memungkinkan advertiser memasang link iklannya. Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang link iklan pada Advertiser yang tergabung di AdsenseCamp.

Dengan bergabung di AdsenseCamp website Anda akan dilengkapi dengan engine periklanan berbasis teks yang diberikan berupa code dengan sistem bayar per unik klik (pay per unique click), yang berarti Anda akan mendapatkan bayaran apabila ada yang melakukan klik pada iklan di website Anda.

Pemilik web dapat memantau jumlah pageviews dan klik yang telah dihasilkan pada webnya.

Cara Menerbitkan Iklan
  1. Silakan lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisikan data diri Anda.
  2. Lakukan konfirmasi pendaftaran pada email yang kami kirimkan.
  3. Login ke AdsenseCamp.com dengan menggunakan username dan password Anda.
  4. Tambahkan website Anda, tekan submit dan tunggu konfirmasi.
  5. Ambil code script iklan AdsenseCamp untuk website Anda, pasang pada web Anda.
  6. Silakan buka website Anda, apabila konfigurasi telah dilakukan dengan benar, maka iklan akan langsung terlihat pada website Anda.
Setelah sukses memasang iklan berarti Anda sudah mempunyai usaha mendulang uang lewat internet, sistem ini 100% gratis dan mudah. Untuk mendaftar di sini.

Selengkapnya...

Menangani Virus Sality

Oleh Nanang Suryana | Jumat, Maret 06, 2009 | , | 4 Komentar »

Tidak semua program antivirus dapat membersihkan file yang sudah terinfeksi virus W32/Sality.AE. Malah bisa-bisa, file tersebut akan rusak setelah di-scan dan dibersihkan oleh antivirus yang tidak tepat.

Virus Sality akan menyebar dengan cepat melalui jaringan dengan memanfaatkan default share Windows atau share folder yang mempunyai akses full dengan cara menginfeksi file yang mempunyai ekstensi exe/com/scr.

Untuk itu disarankan agar pengguna komputer untuk menonaktifkan Default Share (C$, D$ .. dst) dan hindari full sharing folder Anda di jaringan.

Berikut tips membersihkan virus W32/Sality.AE yang diterima:
  1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan dan internet.
  2. Matikan System Restore selama proses pembersihan berlangsung.
  3. Matikan Autorun dan Default Share. Silahkan download file berikut kemudian jalankan dengan cara: klik kanan repair.inf lalu install.
    http://www.ziddu.com/download/3753010/repair.zip.html
  4. Matikan program aplikasi yang aktif di memori agar proses pembersihan lebih cepat terutama program yang ada dalam daftar startup.
  5. Sebaiknya scan dengan menggunakan removal tools dengan terlebih dahulu merubah ekstensi dari removal tools tersebut dengan ekstensi lain [contoh: CMD] agar tidak diinfeksi ulang oleh W32/Sality.AE.
  6. Agar komputer yang sudah terinfeksi W32/Sality.AE dapat booting safe mode, silahkan restore registry yang sudah diubah oleh virus.
    Silahkan download file berikut kemudian jalankan sesuai OS yang terinfeksi W32/Sality.AE tersebut.
    http://www.ziddu.com/download/3753009/2Sality.zip.html
  7. Fix registry lain yang diubah oleh virus, silahkan download tools berikut kemudian jalankan file tersebut dengan cara: klik kanan repair.inf lalu install.
    http://www.ziddu.com/download/3753008/repair2.zip.html
  8. Restart komputer dan scan ulang dengan menggunakan removal tools untuk memastikan komputer telah bersih dari virus.
  9. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang sebaiknya install dan scan dengan antivirus yang dapat mendeteksi Sality dengan baik.
Sumber: DetikInet

Alternatif lainnya Anda bisa mengikuti tip yang sudah diposting di blog ini Mengatasi Virus Tanpa Antivirus.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Perusahaan Teknologi Paling Dikagumi

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Maret 05, 2009 | | 2 Komentar »

Waktunya berbangga bagi Apple. Bukan karena pundi-pundi uang yang mereka dapatkan dari hasil penjualan produk, namun karena peringkat yang diberikan majalah bisnis global, Fortune.

Apple berhasil menduduki rangking pertama dalam urutan 50 perusahaan yang paling dikagumi (Most Admired Companies). Hasil tersebut diperoleh dari survei Fortune yang melibatkan para pelaku bisnis. Pencapaian ini adalah yang kedua kalinya bagi Apple selama dua tahun berturut-turut.


Apple dengan segala inovasinya, sukses mengalahkan Google yang menduduki peringkat 3 dan Amazon.com di peringkat 7. Di peringkat 2 duduk Walt Disney, Nike di nomor 4, sedangkan nomor 5 dihuni Medco Health Solutions.

Dalam kondisi suram di mana industri-industri komputer harus berjuang keras, Apple justru mengapalkan 22,7 juta produk iPod selama kuartal pertamanya, 2,5 juta Mac, serta 4,4 juta iPhone. Tak heran jika Apple menjadi perusahaan yang paling dikagumi berkat inovasi yang telah dibuatnya.

Sumber: DetikInet

Selengkapnya...

Layanan baru Google Health

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Maret 05, 2009 | , , | 0 Komentar »

Google Health bertujuan untuk memecahkan kebutuhan mendesak mengenai pengorganisiran informasi pasien sehingga dapat diakses dan berguna. Dengan layanan tersebut para pengguna akan mempunyai kewenangan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola catatan medis mereka secara online.

Dalam industri kesehatan, catatan pribadi (PHRs) kesehatan online bukan merupakan hal baru, dan dalam beberapa kasus PHRs online sudah ada untuk pasien.

Tampilan Google Health:




Pada tanggal 3/04/2009 Google mengumumkan hal yang baru pada layanan Google healthnya di blog resminya - Official Google Blog. Adapun fitur terbarunya adalah sebagai berikut:

Berbagi data kesehatan.

Anda dapat berbagi informasi kesehatan dengan anggota keluarga, teman, dokter, atau seseorang dalam jaringan perawatan. Cukup klik "Share this profile" di sebelah kiri pane, masukkan alamat email dari orang yang Anda pilih, dan mereka akan dapat melihat, tetapi tidak membuat perubahan profil Anda. Anda dapat menghentikan berbagi setiap saat dan akan selalu dapat melihat siapa yang memiliki akses ke profil Anda.

Membuat grafik hasil tes kesehatan.

Anda dapat membuat grafik dari hasil tes kesehatan, misal hasil tes kolesterol, tekanan darah, dan sebagainya. Dari grafik tersebut Anda bisa melihat dari waktu-kewaktu dan dapat dilihat trendnya.

Mencetak laporan dan lainnya.

Fitur pencetakan memungkinkan Anda untuk mencetak profil Google Health Anda di beberapa format. Anda dapat mencetak file PDF profil kesehatan Anda atau mencetak surat berukuran versi lain yang meliputi nama profil, obat, alergi, kondisi, dan prosedur.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Gmail Labs: Export/Import Filter

Oleh Nanang Suryana | Kamis, Maret 05, 2009 | , , | 0 Komentar »

Penyaringan adalah fitur yang penting bagi pengguna Gmail. Dengan filter (dan label), Anda dapat menggunakan Gmail untuk menangani surat yang masuk. Sebagai contoh, saya mengikuti banyak milis di Google dan setiap harinya ada email masuk, akan tetapi hal tersebut tidaklah merepotkan saya karena sudah terfilter dan terlabel.

Saat ini telah tersedia fitur impor/ekspor penyaringan(filter) di Gmail Labs. Fitur ini membantu Anda menyaring secara massal, bukan hanya satu demi satu. Pemanfaatannya mudah: aktifkan melalui tab Labs pada Pengaturan(Settings), dan dari halaman Settings > Filters Anda dapat men-download file yang berisi beberapa atau semua filter Anda atau meng-upload sebuah file untuk menciptakan serangkaian penyaring semua sekaligus.



Berikut adalah beberapa tip untuk menggunakan fitur impor atau ekspor filter Anda:
  • Download semua filter Anda. Jika anda menggunakan POP atau IMAP untuk mendapatkan salinan cadangan email Anda, sekarang Anda dapat juga menyertakan filter Anda.
  • Berbagi Filter dengan orang lain. Jika Anda memiliki serangkaian penyaring yang sangat baik untuk mengorganisir email yang lain juga bisa menerima/memakainya, kini Anda dapat membuat filter yang tersedia untuk mereka.
  • "menonaktifkan" Filter dengan mengekspornya dan kemudian menghapusnya. Untuk "mengaktifkan" Fitler, dengan mengimpor file yang diekspor tersebut.
  • Jika Anda terbiasa mengedit XML, Anda dapat membuat filter baru yang mirip dengan yang ada di filter. Dari hasil ekspor, kita bisa mengedit file XML yang dihasilkan, dan impor kembali. Untuk informasi lebih lanjut tentang memodifikasi file XML ini dapat dilihat pada Group Gmail Labs tentang Filter impor / ekspor.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Official Gmail Blog

Selengkapnya...

Pengguna Facebook diharap waspada

Oleh Nanang Suryana | Selasa, Maret 03, 2009 | , , | 9 Komentar »

Pencuri data pribadi di internet alias phisher mulai mengintai Facebook. Para pecinta situs jejaring ini pun harus berhati-hati, dan jangan mencantumkan seluruh rahasia Anda di Facebook.

Selain itu, kewaspadaan juga harus ditingkatkan ketika menerima email dari orang tak dikenal. Sebab, para penjahat cyber ada pula yang mengaku-ngaku berasal dari pihak Facebook dan menuding Anda telah melakukan pelanggaran.


Kemudian, calon korban diminta untuk mengklik link yang telah disediakan. Padahal di link tersebut, sudah disiapkan jebakan maut untuk menjerat calon korban.

Aplikasi yang wara-wiri di Facebook juga tak seluruhnya aman. Graham Cluley, konsultan teknologi senior di Sophos mengatakan bahwa datangnya semua program jahat ini salah satunya adalah karena Facebook membolehkan siapapun untuk membuat aplikasi.

Namun sayangnya, semua aplikasi pihak ketiga ini tidak dicek dan dievaluasi terlebih dahulu sebelum disuguhkan kepada para pengguna. Ironisnya lagi, meski satu aplikasi dihapus maka akan muncul aplikasi-aplikasi jahat lainya yang tidak kalah merugikan.

Aplikasi bernama 'My Account' dan 'Reported For Rule Breaking' misalnya, dilaporkan tengah bersliweran di situs bikinan Mark Zuckenberg ini.

Sumber: DetikInet

Selengkapnya...

Mengecek Live Traffic dengan FEEDJIT

Oleh Nanang Suryana | Senin, Maret 02, 2009 | , , | 10 Komentar »

Mungkin sebagian teman-teman sudah menggunakan fasilitas Live Traffic FEEDJIT atau yang lainnya untuk melihat history pengakses web atau blog kita.

Adapun hasil lognya adalah setiap saat tapi terbatas dan tidak disimpan hasilnya (untuk versi free). Akan tetapi fasilitas tersebut lumayan membantu kita untuk melihat dari mana saja pengunjung web/blog kita.

Dari hasil yang ditampilkan kita bisa melihat darimana negara pengakses dan dari mana mendapatkan link kita. Dapat dilihat pada gambar contoh bahwa trafik banyak berasal dari Search Engine (Google), adapun pengunjung dari negara Indonesia dan luar negeri.


Untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dipakai sehingga pengunjung mengunjungi web/blog kita lihat saja link dengan mengarahkan kursor mouse diatas link google, di sana kita dapat melihat link pencarian (lihat variabel q= pada URL yang tertera pada statusbar browser). q adalah kata kunci pencarian yang telah diketikkan pengunjung.

Ingin mendapatkan fasilitas Live Traffic FEEDJIT seperti di atas silahkan daftar di sini.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya...

Gmail: Fasilitas Labs - Title Tweaks

Oleh Nanang Suryana | Minggu, Maret 01, 2009 | , , | 2 Komentar »

Jika sering melakukan sesuatu di komputer dan ingin mengetahui apakah kita memiliki surat baru tanpa harus menjaga halaman email Gmail kita tetap terbuka, kita bisa memanfaatkan fasilitas baru yaitu Title Tweaks. Sebelumnya jika halaman email Gmail diminimalkan atau tab tidak aktif yang Anda lihat pada judul bar browser adalah seperti "Gmail - Inbo ...".

Dengan fitur baru Title Tweaks di Gmail Labs dapat melakukan perubahan judul halaman browser. Jika ingin mengaktifkan Anda dapat akses melalui Labs tab dan menset enable Title Tweaks pada tab Pengaturan, judul browser akan menampilkan sesuatu seperti "Kotak (3) - GMA ...".


Perubahan tersebut dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini:


Hal tersebut dapat membantu memberikan informasi kepada kita jika ada email baru pada akun Gmail kita, saat kita meminimize halaman browser kita atau ketika halaman tab email sedang tidak aktif (kita sedang membuka halaman tab lainnya).

Selengkapnya...

Google Translate sudah mencapai 41 bahasa

Oleh Nanang Suryana | Minggu, Maret 01, 2009 | , | 2 Komentar »

Google Translate telah menambahkan beberapa bahasa baru yakni Turki, Thai, Hungaria, Estonia, Albania, Malta, dan Galisia ke fasilitas translatenya. Penerjemahan otomatis antara 41 bahasa ini adalah sama dengan 1640 pasangan bahasa. Dengan demikian berarti kita dapat menerjemahkan bahasa yang dipakai oleh 98% pengguna Internet.


Setelah update dapat dilihat bahasa yang tersedia untuk penerjemahan:

Albania
Arab
Belanda
Bulgar
Cek
Dansk
Esti
Galisia
Hindi
Ibrani
Indonesia
Inggris
Italia
Jepang
Jerman
Katalana
Korea
Kroat
Latvi
Lituavi

Magyar
Malta
Mandarin
Norsk
Pilipino
Polski
Portugis
Prancis
Rumania
Rusia
Serb
Sloven
Slowakia
Spanyol
Suomi
Swensk
Thai
Turki
Ukraina
Vietnam

Yunani

Semoga dengan bertambahnya fasilias ini dapat membatu kita yang membutuhkan translate ke bahasa yang mungkin saja susah mencari kamusnya.

Sumber: Official Gmail Blog

Selengkapnya...

Friend Connect: Grow Your Blog's Community

Oleh Nanang Suryana | Minggu, Maret 01, 2009 | , , , | 2 Komentar »

Friend Connect encourages readers to use one account (whether it's a Google account, a Yahoo, AIM or OpenID account).

Setelah Blogger melakukan update pada fasilitas followers yang tadinya hanya bisa terkoneksi dengan account Blogger/Google sekarang sudah bisa terkoneksi dengan beberapa account lainnya seperti akun Yahoo, AIM ataupun OpenID. Hal tersebut telah membuahkan sukses yang luar biasa: hampir tiga juta masyarakat dengan 39 bahasa ada pengikutnya, dan setiap detik dari setiap hari, seorang pembaca mengikuti/follow blog.


Friend Connect mendorong pembaca untuk menggunakan satu account (baik itu dari account Google, Yahoo, AIM atau account openid) untuk mengikuti setiap situs - sebuah blog Blogger, sebuah blog WordPress, atau situs lainnya yang tergabung Friend Connect. Setiap situs yang ikut bergabung akan ditampilkan pada profil Friend Connect. Sekarang, blog Anda akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan interaksi pembaca dengan situs lain di web - dan teman-teman mereka melihat blog Anda telah terdaftar sebagai salah satu blog yang diikuti hal ini memungkinkan teman dari teman Anda mengikuti blog Anda.

Sesuai dari judul dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Friend Connect (GFC) akan meningkatkan komunitas blog yang secara otomatis meningkatkan trafik dari blog.

Sumber: Blogger Buzz

Selengkapnya...
Jika Anda merasa postingan blog ini bermanfaat, Anda bisa berlangganan melalui email tentang update terbaru.